MIX.co.id - Dua dekade (20 tahun) hadir di Indonesia, perusahaan logistik asal Prancis yang telah melayani hampir 170 negara, Geodis Indonesia berhasil mencetak pertumbuhan.
Tahun ini misalnya, Geodis tumbuh di atas pertumbuhan industri logistik. "Kami tumbuh di atas industri. Yang memicu pertumbuhan ini adalah sektor farmasi, karena dampak dari Covid-19, di mana kami punya klien AstraZeneca dan Enseval," ungkap Tomy Sofhian, Managing Director PT Geodis Wilson Indonesia.
Tak hanya revenue, diakui Tomy, dari sisi kepuasan pelanggan, Geodis juga mampu mencetak pertumbuhan. Jika tahun 2021 tingkat kepuasan pelanggan mencapai 85%, maka pada 2022, tingkat kepuasan pelanggan teehadap layanan Geodis mencapai 91% di 2022. Sementara itu, indeks NPS (The Net Promotor Score) Geodis Indonesia tumbuh 17%.
Lebih jauh ia menjelaskan, dengan konsep End to End solution dan Custom Solution, Geodis dapat memenuhi dan melayani seluruh kebutuhan logistik di Indonesia.
Saat ini, menurut Tomy, di Indonesia, Geodis fokus pada tiga sektor bisnis sebagai segmen market yang digarap, yakni farmasi, industri seperti oil and gas, dan ritel fashion. "Saat ini, 70% adalah klien lokal dan 30% klien global," lanjutnya.
Selanjutnya, di masa post pandemic, menurut Tomy, Geodis akan tetap fokus di tiga sektor itu. Untuk menyasar sektor industri oil & gas misalnya, Geodis berpartisipasi pada pameran Oil & Gas yang digelar tahun ini. "Kami menawarkan layanan Project Logistic dan AirFreight," ujarnya.
Sementara itu, strategi untuk menggarap sektor ritel fashion, Geodis bekerja sama dengan APKB (Asosiasi Pengusaha Kawasan Berikat) yang anggotanya berasal dari perusahaan garmen atau tekstil. "Kami mendukung event mereka. Kami melakukan edukasi dan update tentang layanan kami di event tersebut," urainya.
Selain itu, pada post pandemic ini, Geodis juga ingin menyasar eCommerce yang sekarang tengah booming, melalui layanan Contract Logistics. "Sampai saat ini, sudah ada beberapa klien, hanya belum banyak," pungkasnya.
Saat ini, Geodis memiliki lima layanan unggulan, yakni Road Transport, Air & Ocean (layanan logistik yang menggunakan jalur udara atau airfreight dan laut), Contract Logistics (dengan menyediakan lebih dari 300 platform dan 6,5 juta meter persegi area gudang), dan Customs Brokerage.
Selain lima layanan itu, dikatakan Tomy, "Geodis Indonesia juga telah meraih sertifikasi Quality Managament System ISO 9001:2015, Enviromental Magament System ISO 14001:2015, hingga Occupational Healt and Safety Management ISO 45001:2018."