Promosikan Destinasi Wisata Melalui “Tour of Kemala Belitong 2022”

MIX.co.id - Menggandeng Besar Ikatan Sepeda Sport Indonesia (PB ISSI), event balap sepeda "Tour of Kemala Belitong 2022" kembai digelar di Belitong pada 17-18 September 2022. Diungkapkan Winny Agung Budi Maryoto, Ketua Panitia Tour of Kemala Belitong 2022, hari pertama digelar kategori Bicycle Race 125 km yang diikuti 270 peserta. Di antara peserta, ada tiga peserta dari FIlipina dan tiga peserta dari Malaysia. Start pertama dimulai dari Tentang Kopi Black Rocks Belitung.

“Dengan mengusung tagline Bersinergi untuk Negeri, ajang ini juga menjadi cara untuk mempromosikan keindahan alam Indonesia sekaligus membangkitkan aktivitas perekonomian pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) lokal dengan memasarkan produk-produk mereka, setelah dihantam pandemi dan menjadi wadah bagi kegiatan bakti sosial. Ditargetkan, terjadi perputaran uang mencapai ratusan juta yang bisa diraup UMKM,” paparnya.

Diakui Winny, Belitung dipilih menjadi destinasi Tour of Kemala lantaran untuk mendukung pulihnya Perekonomian Pariwisata Belitung. Kegiatan ini bertujuan menarik pandangan mata Indonesia dan dunia ke Belitung, dengan potensi wisata luar biasa serta produk UMKM lokal yang unggul.

Selain untuk mencari bibit atlet nasional, lanjutnya, event balap sepeda ini juga untuk mendorong bangkitnya kembali semangat masyarakat setelah menghadapi banyak tantangan selama pandemi Covid 19. Oleh karena itu, puluhan UMKM hadir memeriahkan event ini. “Kami juga berkolaborasi dengan masyarakat setempat untuk meningkatkan perekonomian lokal," ucapnya.

Pada kategori Bicycle Race 125 km, ada beberapa sub kategori yang dihadirkan, yakni Men Elite untuk usia 19 tahun ke atas, yang dimenangkan oleh Angga Dwi Wahyu Prahesta dengan waktu tempuh 2 jam 58 menit untuk jarak 125 KM dan pemenang kedua Berley Octavian Nugroho, yang kalah tipis dari Angga. Total hadiah yang diberikan untuk race mencapai Rp 460 juta.

Sementara itu, di hari kedua, dilombakan balap sepeda untuk kategori touring dengan jarak tempuh 56 km dengan total hadiah yang mencapai Rp 118 juta. Keluar sebagai pemenang pertama Marco Salvador Lumanong (29) dari Filifina untuk kategori Men Elite dan berhak atas hadiah Rp 7,5 juta.

Setelah Belitung, Tour of Kemala juga akan menyambangi daerah lainnya seperti Manado, Pontianak, Lombok, dan sebagainya. Harapannya, Tour of Kemala 2022 dapat membawa manfaat berlapis dan multisektor bagi masyarakat sekitarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)