MIX.co.id - Uni Eropa (UE) menggelar Partnership Event sebagai bagian dari program kampanye "Warna Warni Eropa. Cita Rasa Unggulan" di Indonesia. Event itu merupakan bentuk apresiasi UE kepada mitra dagang dan media atas dukungan mereka dalam mempromosikan produk makanan dan minuman Uni Eropa di Indonesia.
Pada kesempatan ini, UE juga mencari kolaborasi lebih lanjut dan dukungan berkelanjutan untuk jaringan bisnis makanan dan minuman demi memperkuat kehadiran produk-produk Uni Eropa di pasar Indonesia.
Sementara itu, kampanye "Warna Warni Eropa. Cita Rasa Unggulan" menggelar promosi ritel sejak 2 hingga 15 Juni 2022 di Hero Supermarket Terogong. Untuk setiap pembelian produk-produk Uni Eropa, konsumen berhak untuk bermain Wheel of Fortune yang berlokasi di toko tersebut dan berkesempatan untuk mendapatkan ragam produk-produk makanan UE dan reusable shopping bag.
Sejak peluncuran program kampanye "Warna Warni Eropa. Cita Rasa Unggulan" di Indonesia pada Agustus 2021 lalu, Uni Eropa telah berkolaborasi dengan mitra bisnis F&B untuk menghadirkan produk-produk makanan dan minuman Uni Eropa melalui perjalanan kuliner nan lezat dan perjalanan budaya dengan menghadirkan berbagai kegiatan hubungan masyarakat dan media sosial, sekaligus promosi konsumen dan aktivasi ritel.
Partnership Event dilaksanakan di The Westin Jakarta dan dihadiri 70 perwakilan dari industri makanan dan minuman di Indonesia, termasuk importir dan distributor makanan/minuman Uni Eropa di Indonesia, pengecer, chef-entrepreneur, asosiasi industri, serta perwakilan dari negara anggota Uni Eropa di Indonesia.
Duta Besar Uni Eropa dan Brunei Darussalam untuk Indonesia Vincent Piket menjadikan event tersebut sebagai kesempatan untuk berterima kasih kepada mitra dagang serta sektor ritel, hotel, restoran, dan cafe, serta asosiasi industri untuk dukungan yang berkelanjutan dalam mempromosikan produk-produk makanan dan minuman Uni Eropa yang berkualitas tinggi kepada konsumen dan bisnis Indonesia.
“Sebagai salah satu aksi utama di bawah kebijakan European Green Deal, strategi ‘Dari Pertanian Hingga ke Penyajian’ berusaha untuk mengatasi tantangan sistem pangan berkelanjutan secara komprehensif. Strategi baru ini mendorong produksi dan pemrosesan makanan yang lebih hijau, pola makan yang lebih berkelanjutan dengan limbah makanan yang lebih sedikit, membangun rantai makanan yang bekerja tak hanya untuk konsumen dan produsen, tetapi juga untuk iklim dan lingkungan," paparnya.
Uni Eropa terus memperdalam hubungan positif dan bekerja sama dengan pihak-pihak berwenang di Indonesia untuk memungkinkan bisnis dan konsumen lokal mendapatkan akses yang lebih luas ke pasokan produk-produk makanan dan minuman yang beragam, aman, dan kualitas tinggi dari Negara Anggota Uni Eropa. Uni Eropa juga telah menetapkan tujuan jangka pendeknya untuk meningkatkan ekspor di Indonesia, terutama untuk produk daging dan produk olahan susu.
"Kami berharap dalam tiga tahun ke depan, akan lebih banyak produk daging dan olahan susu dari Uni Eropa yang tersedia di pasar Indonesia untuk memungkinkan konsumen menikmati produk-produk berkualitas dari Uni Eropa yang lebih banyak lagi," harapnya.
Ditambahkan Roy Nicholas Mandey, Ketua Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO), “Sebagai aktor utama yang memperkenalkan dan menyoroti makanan dan bahan-bahan makanan Eropa kepada konsumen kami, sektor bisnis ritel telah melihat adanya peningkatan dari pemintaan produk-produk Uni Eropa selama beberapa tahun terakhir. Produk olahan susu, minyak zaitun, dan anggur terkenal mereka telah menjadi permintaan teratas. Tentu saja, ini akan menjadi peluang yang sangat baik untuk memperkuat kehadiran mereka di Indonesia."