Q1 2020, Allianz Catatkan Pertumbuhan Gross Written Premium 21,2%

Asuransi menjadi salah satu industri yang bertumbuh di masa pandemi Covid-19. Hal ini dipicu oleh meningkatnya kesadaran masyarakat akan kesehatan. PT Asuransi Allianz Life Indonesia tercatat sebagai salah satu perusahaan yang ikut mengalami pertumbuhan di masa pandemi ini.

Pada kuartal 1 tahun 2020 (Q1 2020), Allianz mencatatkan pertumbuhan Weighted New Business Premium sebesar 27,6%. Sementara, pertumbuhan pasar rata-rata justru menurun minus 4,4%. Sedangkan untuk Gross Written  Premium, Allianz Life juga bertumbuh sebesar 21,2%, dimana angka tersebut juga di atas pertumbuhan pasar rata-rata yang sedikit menurun sebesar minus 1,3% jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Diungkapkan Cui Cui, Chief Financial Officer Allianz Life Indonesia, “Pencapaian yang baik ini merupakan sinergi dari seluruh elemen dari berbagai fungsi di perusahaan. Kolaborasi adalah katalis utama untuk perkembangan yang kami alami, dan teknologi memungkinkan kami untuk melakukan otomatisasi proses serta mempertahankan kualitas terbaik. Sebagai hasilnya, hal tersebut memungkinkan kami untuk selalu memberikan pengalaman berasuransi yang mengesankan bagi nasabah."

Lebih jauh ia menjelaskan, inovasi memberikan banyak pengaruh dalam upaya Allianz melayani nasabah dengan efektif dan efisien. Digital sales tools, seperti Allianz Discover misalnya, memungkinkan mitra bisnis dan nasabah berinteraksi dalam menentukan pilihan perlindungan sesuai kebutuhan.

"Solusi ini terbukti efektif, karena pengajuan polis asuransi jiwa elektronik (e-submission) mencapai 92%, dan penerbitan polis elektronik (e-policy) yang meningkat menjadi 46% dari keseluruhan polis yang diterbitkan sepanjang tahun 2019," lanjutnya.

Sebelumnya, sepanjang tahun 2019, Allianz mencatatkan Gross Weighted Premium/GWP sebesar Rp 13,2 triliun atau bertumbuh sebesar 23,8%. Jalur distribusi keagenan dan bancassurance menjadi kontributor utama untuk perolehan premi ini. Seiring dengan pertumbuhan GWP, Allianz juga membukukan Laba Bersih (Net Income) sebesar Rp 1,18 triliun, atau meningkat sebesar 48,7% dibandingkan dari tahun 2018.

“Fokus dan komitmen kami tetap pada memberikan perlindungan ke lebih banyak lagi masyarakat Indonesia. Melalui strategi jalur multi-distribusi, kami percaya bahwa kami mampu menyediakan solusi utama dalam berasuransi dan layanan yang lebih mudah diakses oleh Nasabah. Nasabah kami harus memiliki pengalaman berasuransi yang unik dan mengesankan, mulai dari proses pengajuan polis sampai dengan yang terpenting yaitu pada saat pengajuan klaim,” kata Joos Louwerier, Country Manager & Direktur Utama Allianz Life Indonesia, pada kesempatan press conference online pada Juni ini (23/6).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)