Q1 2023, Profit Amar Bank Melonjak 491%

MIX.co.id - Kuartal pertama (Q1) 2023, PT Bank Amar Indonesia Tbk. (Amar Bank) mencatatkan peningkatan profitabilitas sebesar 491%. Amar Bank optimis untuk dapat meningkatkan kinerja positifnya sepanjang tahun, tercermin dari laba bersih kuartal pertama yang mencapai Rp 34,43 miliar.

Diungkapkan Presiden Direktur Amar Bank Vishal Tulsian, “Pemenuhan modal inti minimal Rp 3,1 triliun pada Desember 2022 terbukti telah memperkuat fondasi Amar Bank dalam meningkatkan pertumbuhan dan menyediakan solusi keuangan digital yang inovatif di tahun 2023. Dan peningkatan laba yang signifikan di kuartal pertama ini merupakan langkah ke depan yang positif bagi Amar Bank untuk mempertahankan momentum profitabilitas yang lebih kuat dan memberikan dampak sosial yang positif kepada masyarakat, terutama bagi mereka yang unbanked dan underbanked."

Pada Q1 2023 ini, total aset Amar Bank juga meningkat sebesar 5,73% dibandingkan kuartal sebelumnya, dengan pertumbuhan penyaluran kredit sebesar 6,16% dan mencapai total kredit sebesar Rp 2,40 triliun dibandingkan posisi 31 Desember 2022. Pertumbuhan aset tersebut tak lepas dari keberhasilan Tunaiku, platform pinjaman digital unggulan dari Amar Bank, yang memberikan kontribusi sebesar 71,55% dari total penyaluran kredit atau setara dengan Rp 1,72 triliun dari total kredit.

“Prospek positif ini menjadi pertanda yang baik bagi rencana Amar Bank untuk terus mempeplatform rluas penyaluran kredit sepanjang tahun 2023, mendukung pertumbuhan kesehatan finansial dan inklusi keuangan bagi individu dan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah),” ucapnya.

David Wirawan, Senior Vice President Finance Amar Bank, pencapaian Amar Bank didukung oleh penurunan rasio BOPO (Beban Operasional terhadap Pendapatan Operasional) yang signifikan sebesar 25,84%. Selain itu, Amar Bank terus menjaga efektivitas pengelolaan kualitas aset dengan menerapkan prosedur penilaian risiko yang hati-hati. Sebagai hasilnya, Amar Bank mencatatkan rasio NPL sebesar 1,84% pada kuartal pertama 2023, jauh di bawah ketentuan regulator sebesar 5%.

Seiring dengan pemulihan ekonomi di Indonesia, Amar Bank terus berkomitmen untuk mempertahankan kinerja positif dan menyediakan layanan keuangan digital yang inovatif guna meningkatkan kualitas hidup individu dan UMKM, terutama mereka yang unbanked dan underbanked, melalui kesehatan finansial dan inklusi keuangan yang berdampak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)