Q2 2015, Pendapatan Global Facebook Tembus USD 4,04 Miliar

Facebook baru saja merilis laporan pendapatannya di kuartal kedua tahun 2015. berdasarkan laporan tersebut, pendapatan Facebook secara global mencapai USD 4,04 miliar atau meningkat 39% dibanding kuartal kedua pada tahun sebelumnya sebesar USD 2,91 miliar. Selain itu, pendapatan dari iklan meningkat 55% dan 76% diantaranya berasal dari pendapatan iklan mobile. Pendapatan iklan mobile meningkat 74% dibanding tahun sebelumnya.

facebookKenaikan pendapatan yang dialami oleh Facebook juga disebabkan adanya peningkatan jumlah pengguna. Tercatat, Pengguna Aktif Harian atau Daily active users (DAUs) – rata-rata mencapai 968 juta pada bulan Juni 2015, naik 17% dibanding bulan Juni tahun sebelumnya. Kemudian, Pengguna Aktif Harian di Mobile atau Mobile DAUs – rata-rata mencapai 844 juta pada bulan Juni 2015, naik 29% dibanding bulan Juni tahun sebelumnya.

Selanjutnya adalah Pengguna Aktif Bulanan atau Monthly active users (MAUs) – sekitar 1,49 miliar sampai dengan bulan Juni 2015, naik 13% dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya. Terakhir yakni Pengguna Aktif Bulanan di Mobile atau Monthly active users Mobile MAUs – sekitar 1,31 miliar sampai dengan bulan Juni 2015, naik 23% dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Namun, tidak hanya kenaikan pengguna saja, Facebook juga terus mengalami pertumbuhan dari sisi penggunaan video dengan kisaran miliaran video yang ditonton oleh user setiap harinya via mobile maupun desktop. Video juga terus menjadi konten paling kaya dan menarik perhatian pengguna maupun media. Sejak awal tahun ini, penayangan video di Pages telah meningkat sebanyak 40%.

“Seiring dengan semakin banyaknya video dari brand yang ditonton di Facebook, iklan video menjadi bagian yang tak terpisahkan dari pengalaman Newsfeed. Pengiklan pun memiliki peluang lebih besar untuk menjangkau banyak orang,” ucap pihak Facebook dalam siaran pers yang diterima MIX pada Jumat, (31/7/2015).

Menurut pihak Facebook, fokus dari video juga untuk mendukung upaya saling menghubungkan orang saat peristiwa besar atau momen penting dunia antara lain. Dari laporan tersebut, sekitar 59 juta orang melakukan 300 juta lebih interaksi seputar ajang Copa America, dan 26 juta orang mengubah profil foto mereka untuk memperlihatkan dukungannya akan pernikahan sejenis. “Lebih dari 150 juta orang mendapatkan notifikasi bahwa teman mereka selamat dari gempa Nepal.”

sementara itu, setelah Facebook mengakuisisi Instagram. Platform social media tersebut di kuartal kedua mengalami pertumbuhan. Pada kuartal kedua, Instagram meluncurkan iklan Instagram di Brasil, Jerman dan Jepang. Memperkenalkan fitur-fitur dan kemampuan tambahan untuk para pemasar, termasuk fitur iklan Carousel Ads di Instagram untuk pengiklan, sebagai cara kreatif bagi brand untuk beriklan.

Bahkan, dalam beberapa bulan ke depan, iklan Instagram akan tersedia bagi pengiklan dengan format baru, kemampuan targeting yang lebih baik dan kemampuan untuk membeli secara online melalui mitra pihak ketiga. Maka, dengan ditawarkanya iklan Instagram, Instagram tetap fokus pada kualitas dan relevansinya bagi pengguna untuk memastikan pengalaman terbaik bagi pengguna dan kinerja untuk pengiklan. *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)