Ramadan 2025, Live Shopping Makin Digandrungi Konsumen Indonesia

MIX.co.id - Live streaming menjadi fitur yang tengah digandrungi konsumen di Indonesia. Hal itu ditandai dengan tingginya konten video pendek yang diunggah di TikTok oleh penjual maupun kreator pada seminggu pertama Ramadan 2025. Lebih dari 72 juta short video diunggah pada periode itu.

Bahkan, pada awal Ramadan 2025, live streaming melalui fitur LIVE di TikTok ditonton lebih dari 2 miliar kali. Adapun sejumlah produk paling laris di TikTok Shop by Tokopedia lewat live streaming di TikTok, antara lain baju muslim wanita, parfum, skincare, make up, serta hampers.

“Jutaan penjual di Tokopedia dan TikTok Shop bisa meningkatkan transaksi lewat ekosistem yang sinergis bersama TikTok melalui konten video promosi yang dibuat oleh penjual maupun jutaan kreator di TikTok. Contohnya, brand lokal fashion berusia lebih dari 20 tahun, Gaudi, berhasil menaikkan penjualan 2 kali lipat di TikTok Shop tahun lalu lewat pemanfaatan fitur LIVE di TikTok. Di sisi lain, jumlah penjual di TikTok Shop menjelang Ramadan 2025 naik 40%. Untuk membantu penjual yang jumlahnya makin banyak ini, meningkatkan penjualan di Ramadan, Tokopedia dan TikTok Shop kembali menggelar Ramadan Ekstra Seru hingga 25 Maret 2025. Program ini didukung oleh kekuatan penemuan TikTok,” ungkap Communications Director TikTok Indonesia Anggini Setiawan, pada acara Buka Puasa Bersama yang digelar di Jakarta, baru-baru ini.

Pada kesempatan yang sama, Head of Communications of Tokopedia and TikTok E-commerce Aditia Grasio Nelwan menambahkan, “Ramadan Ekstra Seru adalah salah satu kampanye terbesar kami untuk membantu konsumen memenuhi kebutuhan Ramadan hingga Lebaran lewat penawaran menarik, seperti gratis ongkir, flash sale, dan diskon. Sahur menjadi salah satu waktu yang paling digemari masyarakat untuk belanja di Ramadan Ekstra Seru. Saat sahur, nilai transaksi di Tokopedia dan TikTok Shop berkat Ramadan Ekstra Seru naik rata-rata 10,5 kali lipat. Di sisi lain, Tokopedia bekerja sama dengan lembaga penyalur zakat kredibel untuk mempermudah masyarakat membayar zakat secara aman dan amanah.”

Ramadan Ekstra Seru juga membantu penjual, khususnya brand lokal, dan kreator di Indonesia memanfaatkan momentum Ramadan dengan maksimal. Peningkatan pesanan penjual di Tokopedia dan TikTok Shop yang berpartisipasi dalam kampanye ini naik rata-rata 2 kali lipat.

Kurma Alif, salah satu lini bisnis Kalaborasi Group, bahkan mengalami kenaikan penjualan 10 kali lipat di Tokopedia berkat menggunakan integrated seller center Tokopedia dan TikTok Shop, termasuk saat berpartisipasi dalam Ramadan Ekstra Seru 2025.

Sementara itu, berbagai konten video ini dibuat oleh penjual maupun kreator. Contoh kreator yang juga membuat konten video yang berkaitan dengan Ramadan adalah Ibun Mall. Ibun Mall membuat konten ‘Paket Mudik’ yang berisi promosi produk perlengkapan bayi dari penjual di TikTok Shop. Berkat memanfaatkan fitur pembuatan konten video di TikTok, nilai transaksi Ibun Mall bisa mencapai miliaran rupiah setiap bulan termasuk saat Ramadan. Saat ini, Ibun Mall telah memberdayakan 100 host untuk melakukan live streaming hingga 20 jam sehari guna mempromosikan produk dari 30 UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) lokal dan industri rumahan yang terhubung.

Saat ini, TikTok memungkinkan pengguna merekam konten hingga 10 menit secara native di dalam aplikasi. Fitur ini diharapkan menghadirkan ruang kreatif lebih luas untuk mengakomodasi lebih banyak tipe kreator dan konten video. Sekarang, kreator dan penjual bisa berbagi inspirasi, rekomendasi, hingga mempromosikan produk atau jasa secara lebih mendalam.

Tahun ini, TikTok berkolaborasi dengan kreator dan publisher untuk menghadirkan konten video spesial Ramadan berdurasi lebih panjang, seperti SABAR (Sahabat Bulan Ramadan) yang menampilkan inspirasi kreator lintas kategori salah satunya resep menu buka puasa bersama Mursid (Puding Roti), dan Serial Drama Ramadan buatan rumah produksi dan stasiun televisi untuk menemani ngabuburit salah satunya Anatman Films (Long Distance Ramadan).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)