MIX.co.id - Mengusung tema ‘Kebersamaan dalam Satu Rasa’, pada momen ramadan tahun ini, McDonald’s Indonesia--di bawah kepemilikan PT Rekso Nasional Food--memperkenalkan kembali salah satu menu ikonik yang telah mencuri hati pelanggan sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2022, yaitu Ayam McD Lengkuas Sambal Bajak. Menu yang terinspirasi dari kecintaan masyarakat Indonesia terhadap ayam serundeng lengkuas dan sambal sebagai pelengkap favorit dalam setiap hidangan ini kembali hadir sejak 22 Februari 2025 lalu.
“Inspirasi utama kami adalah ayam serundeng lengkuas yang merupakan salah satu menu yang disukai masyarakat Indonesia, dipadukan dengan uniknya sambal bajak yang memiliki cita rasa khas pedas, manis, dan gurih, sehingga cocok untuk menemani momen berbuka puasa. Kami ingin menghadirkan sesuatu yang autentik, dengan menggunakan lengkuas sebagai bahan utama yang memberikan aroma khas dan rasa yang lebih kaya. Lebih dari itu, menu ini adalah menu yang sudah pernah kami hadirkan sebelumnya di tahun 2022 dan mendapat sambutan yang positif dari masyarakat,” ungkap Caroline Kurniadjaja, Associate Director of Marketing McDonald’s Indonesia, pada acara Buka Puasa Bersama yang digelar Maret ini (19/3), di gerai McDonald's Salemba, Jakarta.
Tidak hanya untuk memperkaya pengalaman berbuka puasa, McDonald's Indonesia juga mengajak pelanggan untuk berbagi kebahagiaan dengan lebih dari 300 masjid di seluruh Indonesia dengan pembelian Paket Bukber Mekdi ‘Ayam McD Lengkuas Sambal Bajak’. Paket tersebut hadir dalam dua pilihan, yaitu untuk dinikmati berempat dan berenam. Dengan harga mulai dari Rp 46 ribuan per orang, paket ini terdiri dari Ayam McD Lengkuas Sambal Bajak, Spicky Chicken Bites, dan McFlurry feat Oreo.
“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para pelanggan yang ternyata sangat antusias ikut berpartisipasi dalam berbagi paket bukaan gratis kepada lebih dari 300 masjid di Indonesia melalui pembelian Paket BukBer Mekdi. Masih ada waktu bagi pencinta McDonald’s di luar sana untuk ikut berbagi. Mari bersama kita bergandeng tangan memupuk kebersamaan dan menebar kehangatan untuk semua di bulan penuh berkah ini,” imbuh Caroline.
Selain menghadirkan menu spesial, McDonald’s Indonesia juga menghadirkan sejumlah promosi dan program spesial lainnya yang dapat dinikmati oleh pelanggan setianya selama bulan Ramadan ini, antara lain Takjil S-Tee Gratis. McDonald’s Indonesia memberikan secara gratis S-Tee kotak kepada para pelanggan yang melakukan pembelian dine in, take away, dan Drive Thru pada pukul 17.30-18.00 waktu setempat di seluruh restoran McDonald’s Indonesia selama bulan Ramadan.
Program lainnya, SADORA (Safari Dongeng Ramadan). Konsisten dilaksanakan selama lebih dari 10 tahun, kegiatan mendongeng kisah-kisah penuh teladan dan budi pekerti sekaligus menghibur anak-anak saat menunggu waktu berbuka puasa ini kembali dilaksanakan selama 10-24 Maret 2025 di 128 restoran McDonald’s Indonesia yang berpartisipasi.
Ada juga program Jumat Berkah. Setiap pembelian Paket BukBer Mekdi ‘Ayam McD Lengkuas Sambal Bajak’ ber-4 atau ber-6, pelanggan secara otomatis akan mendonasikan 1 paket bukaan untuk acara berbuka di lebih dari 300 masjid di Indonesia. Serentak pada 21 Maret 2025 mendatang, setiap restoran McDonald’s di seluruh Indonesia ditargetkan untuk dapat membagikan minimal 50 paket bukaan, sehingga target total makanan yang akan dibagikan mencapai 16.000 paket.
Selain berbagi paket bukaan kepada ratusan masjid, spesial di Ramadan tahun ini, McDonald’s Indonesia juga mengadakan kegiatan buka puasa bersama lebih dari 2.600 pengemudi ojek online. Kegiatan ini dilaksanakan di 90 restoran McDonald’s Indonesia yang berpartisipasi, atau di pondok pesantren dan masjid terdekat untuk kegiatan dengan skala yang lebih besar. Khusus di Bandung, acara buka puasa bersama pengemudi ojek online ini bahkan semakin meriah dengan digelarnya kegiatan SADORA (Safari Dongeng Ramadan) bersama 100 anak yatim, menceritakan tentang pentingnya untuk memaafkan serta tidak menyimpan dengki dan dendam.
“Mengusung semangat ‘Dari Indonesia, untuk Indonesia’, tahun ini kami juga berfokus untuk berbagi bukaan dengan salah satu komunitas terbesar di Indonesia, yaitu komunitas pengemudi ojek online. Kegiatan berbagi ini merupakan salah satu wujud apresiasi dan kepedulian terhadap mitra layanan pesan antar, atau yang akrab kami sapa BangDi (Abang Mekdi) & NonDi (NoNa Mekdi). Kami sangat berterima kasih atas dedikasi mereka dalam mengantarkan pesanan pelanggan, apalagi di momen Ramadan ini saat mereka tetap bekerja keras meskipun sedang berpuasa,” ungkap Meta Rostiawati, Associate Director of Communication McDonald’s Indonesia.
McDonald’s Indonesia bahkan juga membagikan lebih dari 8.700 paket bukaan gratis (Nasi Uduk McD dan S-Tee) kepada BangDi NonDi di seluruh Indonesia yang mengambil pesanan McDelivery di restoran pada 18 Maret 2025 lalu, pukul 17.00-19.00 waktu setempat.
McDonald’s Indonesia juga berbagi kebahagiaan dan kebersamaan dengan anak-anak panti asuhan dan pondok pesantren di beberapa kota di Indonesia. Inisiatif tersebut diawali dengan acara SADORA (Safari Dongeng Ramadan) yang penuh pesan kebaikan dan ditutup dengan membagikan paket Happy Meal gratis untuk berbuka puasa. Hingga saat ini, kegiatan tersebut sudah dilaksanakan di Pekanbaru, Bandung, Sumedang, Subang, Tasikmalaya, Malang, dan Makassar, serta telah menjangkau lebih dari 1.000 anak.