MIX.co.id - Pandemi COVID yang berlangsung selama hampir tiga tahun telah membuat preferensi konsumen terbelah antara gaya belanja online dan offline. Menghadapi tantangan tersebut, PT Star Maju Sentosa melakukan rebranding salah satu pusat perbelanjaannya yang berada di Mall Kelapa Gading menjadi super departement store hybrid dengan merek Rambla.
"Rambla ini sebenarnya singkatan dari 'rame-rame belanja'. Bagi kami tidak masalah preferensi konsumen berubah, tapi yang kami pahami mereka menginginkan pengalaman belanja yang aman, nyaman, menyenangkan dan menguntungkan. Hal itulah yang coba kami penuhi dengan hadirnya Rambla, " papar Herman Nagaria, Direktur Utama PT Star Maju Sentosa dalam peluncuran fitur dan layanan Rambla Super Departement Store di Jakarta, Rabu (31/5/2023).
Lebih jauh Herman menjelaskan, keputusan bisnis itu kemudian mereka terjemahkan dalam tiga strategi besar demi mendapatkan unique selling preposition yang kuat di tengah gencarnya persaingan bisnis ritel.
Pertama, memperluas range produk, kedua flexibilitas cara belanja hybrid yang memudahkan bagi konsumen offline maupun online. Dan ketiga jaminan kepuasan bagi loyalty customer.
Deddy Wongso, Direktur Keuangan PT Star Maju Sentosa menjelaskan, positioning Rambla sebagai super departement store itu mereka tegaskan melalui luasan area yang mencapai 10.000 meter2 dan menempati dua lantai di area mall. Juga product range yang mencapai lebih dari 1.000 brand.
Termasuk di antaranya beberapa special section yang menjadi ciri khas Rambla. Seperti Rambla Coffee Corner yang menyediakan 46 varian specialty coffee dari berbagai daerah Nusantara, Rambla Candy Treats yang menyediakan lebih dari 20 varian permen dan coklat premium, serta home brand bernama Bunny n Klin yang menjual produk-produk koleksi unik dari asesoris fashion, mainan hingga pernak-pernik home & living.
Sementara flexibilitas cara belanja hybrid diperkuat dengan adanya Rambla Application Store.
Terakhir, jaminan kepuasan dijanjikan melalui jaminan pengembalian, penukaran barang yang telah dibeli, termasuk pengembalian uang jika konsumen merasa ada ketidaksesuaian dengan barang yang telah dibeli.
Agar komunikasi berjalan lebih efektif, event launching brand Rambla dipadukan dengan rangkaian aktivitas marketing dan selling yang akan diadakan sepanjang pekan bagi pengunjung mall. Antara lain flash sale, rangkaian talkshow, workshop, dan live music. (BINTARI)