MIX.co.id - LG Electronics resmi berpartisipasi pada perhelatan “IAA Mobility 2023”, yang digelar di Jerman pada 5-10 September 2023. Di pameran global tahunan bagi sektor mobilitas itu, LG mengsung tema “Taking Life’s Good on The Road”.
Pada konferensi pers yang digelar melalui live streaming, di kanal Youtube LG Global, hari ini (4/9), CEO LG William Cho memaparkan perspektif LG terhadap masa depan industri mobilitas. Pada kesempatan itu, ia juga berbicara mengenai visi perusahaan untuk mendorong berbagai perubahan penting yang harus dilakukan pada berbagai aspek dalam ekosistem mobilitas ini.
Dengan perkembangan industri otomotif yang sangat pesat untuk berfokus pada elektrifikasi dan berkendara dengan otonom, LG menyatakan akan memiliki peluang besar dalam menciptakan nilai pengguna pada area mobilitas ini.
“LG memiliki pengalaman hampir 70 tahun dalam bisnis yang berhadapan langsung dengan konsumen. Sepanjang masa itu, kami telah memiliki pemahaman yang kaya terkait dengan konsumen kami di seluruh dunia dan ruang hidupnya melalui berbagai temuan dari penelitian mendalam dan tren. Hal inilah yang kemudian menjadi modal bagi kami dalam menghasilkan berbagai inovasi dalam industri elektronik konsumer. Dengan pengetahuan dan pengalaman yang besar di area ini, kami sangat bersemangat untuk menyajikan langkah baru kami dalam bidang mobilitas,” tandas William Cho.
Berangkat dari pemahaman dan keahlian yang dimiliki, LG memutuskan untuk mendirikan LG Vehicle component Solution (VS) company. Dengan terus berinvestasi, LG tercatat sukses mengembangkan bisnisnya dalam bidang komponen dan solusi otomatif.
Mengutip firma riset pasar Strategy Analytics, diperkirakan LG menyumbang pangsa terbesar pasar telematika kendaraan global tahun lalu, yaitu sebesar 23,3%. Disisi lain, sejak tahun 2021, perusahaan telah menguasai pangsa pasar dua digit di segmen audio, video, dan navigasi (AVN).
Baru-baru ini, LG juga telah mengadakan percobaan dengan membuat sebuah lingkungan interior yang mirip dengan kondisi actual pada kendaraan otonom. Dari percobaan ini didapatkan, sebagian besar orang menginginkan sebuah kendaraan otonom sebagai tempat yang eksklusif dan privat yang memberikannya kebebasan lengkap untuk melakukan berbagai hal yang diinginkan. Seperti bermain, bekerja maupun menghabiskan waktu sendiri.
“Kami Juga mengembangkan pengalaman penggunaan berdasarkan tiga tema besar. Kemampuan Bertransformasi (Transformable), Kemampuan Dijelajahi (Explorable), dan Kemampuan Untuk Dibuat Bersantai (Relaxable). Secara keseluruhan, ketiga tema ini dinamai LG sebagai Alpha-able,” lanjutnya.
LG percaya bahwa sebuah ruang dalam kendaraan seharusnya memiliki kemampuan untuk bertransformasi secara fisik, menyesuaikan dengan situasi dan tujuan yang berbeda. Seperti mengubahnya menjadi sebuah restoran untuk makan, sebuah kantor untuk berkerja, bahkan menjadi ruang theater berjalan. Untuk menyajikan pengalaman ‘Transformable’ ini, ruang dalam kendaraan bakal menjadi lebih fleksibel dengan menawarkan pengalaman unik yang melebihi ekspektasi penggunanya.
Oleh karena itu, LG akan menghadirkan solusi media penampil inovatif berbasis teknologi, antara lain dengan memadukan kecanggihan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) dan eXtended Reality (XR), termasuk pemanfaatan Augmented Reality dan teknologi OLED TV LG.
Sementara itu, dengan industri mobilitas yang tengah melaju menuju era kendaraan dengan software-defined vehicle (SDV), LG mengembangkan desain khusus bagi penggunanya untuk memberikan pengalaman penggunaan yang berbeda. Hal itu akan tersaji pada tiga bidang utama yang dimiliki bisnis mobilitas LG.
Ketiga bidang utama itu yaitu sistem infotainment di...