Resmi Beroperasi, Stasiun Cisauk Terintegrasi dengan Intermoda BSD City

Masyarakat pengguna moda transportasi kereta rel listrik (KRL) yang tinggal di daerah Cisauk dan sekitarnya, boleh berlega hati dengan mulai dioperasikannya gedung baru stasiun Cisauk sejak 1 Februari 2019. Selain gedungnya yang nyaman karena dilengkapi berbagai fasilitas, stasiun terintegrasi dengan pengembangan kawasan Intermoda BSD City yang berorientasi pada kemudahan akses transportasi publik.

Dhony Rahajoe, Managing Director President Office Sinar Mas Land, mengatakan gedung baru stasiun Cisauk terintegrasi dengan kawasan Intermoda BSD City sehingga memudahkan mobilitas masyarakat Kabupaten Tangerang atau dari wilayah Jakarta sekitarnya menuju ke BSD City dan sebaliknya.

Kami menyambut baik positif beroperasinya gedung baru Stasiun Cisauk. Diharapkan fasilitas tersebut dapat memberikan pengalaman dan kenyamanan bagi masyarakat dalam menggunakan fasilitas publik yang memadai” katanya kepada media baru-baru ini di Tangerang.

Berdiri di atas lahan seluas11.440 meterpersegi, bangunan stasiun terdiri dua yang dilengkapi lift dan eskalator. Pada lantai dua terdapat jembatan penghubung (skywalk) sepanjang 350 meter untuk memudahkan penumpang menuju ke Terminal shuttle bus BSD Link dan pasar modern Intermoda BSD City.

Selain itu, jembatan skywalk mencerminkan adanya integrasi transportasi publik di BSD City dan cikal bakal tata ruang campuran yang memaksimalkan penggunaan angkutan massal atau Transit Oriented Development (TOD) yang sudah diterapkan di negara-negara maju. TOD Intermoda BSD City ini tercatat yang pertama di Indonesia.

Dijelaskan Dhony, kawasan Intermoda BSD City merupakan commercial mixed-use development yang dikembangkan di atas lahan seluas 25 hektar. Dilengkapi elevated terminal bus yang terletak di lantai dua dan terkoneksi dengan pintu masuk dan keluar pasar modern. Disediakan pula areal parkir dan fasilitas drop off.

Terminal Shuttle Bus BSD Link yang dibangun oleh Sinar Mas Land nantinya akan diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Tangerang untuk dimanfaatkan sebagai terminal yang melayani angkutan umum di kawasan tersebut.

Dengan adanya Stasiun Cisauk yang terkoneksi dengan Kawasan Intermoda BSD City, diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat setempat dan memberi kesempatan lapangan kerja, khususnya di bidang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) karena berdekatan dengan Pasar Modern Intermoda BSD City sehingga akan mendatangkan pembeli dari berbagai tempat, tidak hanya dari Kabupaten Tangerang saja.

Kawasan Intermoda BSD City didukung beragam fasilitas, seperti Universitas Atmajaya, Universitas Prasetiya Mulya, kawasan perumahan, serta kawasan bisnis dan perkantoran, AEON Mall BSD City dan Indonesia Convention Exhibition (ICE).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)