Revolusi Mudik dari Shopee

Aplikasi mobile social marketplace Shopee, menawarkan program gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia yang mereka sebut revolusi mudik. Dengan gratis ongkos kirim, masyarakat tidak lagi perlu hand-carry bingkisan atau titipan lebaran dari keluarga di kampung halaman ketika melakukan mudik.   Pulang membawa bingkisan lebaran, atau menitipkan barang untuk keluarga di kampung halaman sangat lekat dengan budaya lebaran di Indonesia. Padahal menurut Rainal Lau, Managing Director Shopee di Indonesia, kondisi itu tidak terlalu praktis dan kadang-kadang justru membuat pengalaman mudik menjadi kurang menyenangkan. Menurut badan Litbang Kementerian Perhubungan, tahun ini diprediksi sekitar 25 juta orang Indonesia melakukan tradisi mudik untuk bisa merayakan hari Raya Idul Fitri bersama keluarga.   “Karena itu Shopee ingin mengajak masyarakat Indonesia untuk menerapkan revolusi mudik agar lebih menyenangkan. Tidak perlu lagi membawa-bawa barang titipan dari keluarga di daerah asal secara hand-carry. Dengan gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia, bingkisan dan titipan lebaran bisa langsung dibeli dan dikirimkan ke kampung halaman.” Ujarnya.     Bersamaan dengan kampanye revolusi mudik, Shopee juga meluncurkan “Ramadhan Happines Project” sebagai perhatian kepada mereka yang belum berkesempatan untuk berbagai kepada orang-orang terkasih di kampung halaman. Dalam program ini, melalui official account di dalam aplikasi, Shopee bertanya kepada para usernya mengenai apa yang ingin mereka berikan, kepada siapa dan mengapa. Hanya dalam waktu 72 jam, 23 ribu pengguna menyampaikan keinginan mereka dengan berbagai cerita yang menginspirasi.   “Kami ingin cerita-cerita dari pengguna Shopee tersebut menjadi inspirasi untuk kita semua bahwa untuk banyak orang diluar sana, menjadi bahagia itu begitu sederhana. Tidak perlu memberikan hal-hal yang mewah, kejutan kecil sederhana pun, bisa memberikan kebahagiaan tersendiri kepada mereka, terutama di momen lebaran ini”, tambah Rainal.   Salah satu cerita yang mendapat perhatian tim Shopee adalah dari @anggitaseptiani, “Kakek aku itu rajin sholat ke mesjid. Tapi sejak kena stroke, setiap ke mesjid harus ada yang nge-bopong, dan aku gak selalu di rumah. Makanya pas ditanya, aku pengen banget kasih kakek tongkat dari toko @alkesmedika di Shopee, biar kakek bisa jalan ke mesjid kapanpun”. Dari 23,000 keinginan yang masuk, Shopee telah menyeleksi dan akan mewujudkan keinginan 2,000 orang, dimana setiap barang yang mereka minta, Shopee langsung melakukan pemesanan ke penjual dan dikirimkan langsung ke rumah masing-masing.
Ranial Lu, Managing Director Shopee Indonesia

Ranial Lu, Managing Director Shopee Indonesia

  Masih dalam rangkaian mendukung kampanye revolusi mudik, Shopee bekerjasama dengan Bank Mandiri mengadakan kampanye koleksi Pesta THR selama 20-30 Juni 2016, yang menawarkan diskon hingga 90% dan tambahan diskon 10% untuk para pengguna kartu kredit Bank Mandiri. Dalam koleksi ini, ada ribuan produk-produk kebutuhan lebaran, dari berbagai produk kategori, misalnya busana muslim, tas, kosmetik dan lain sebagainya. Kerjasama tersebut mendapat sambutan positif dari pihak Bank Mandiri. “Dengan kampanye revolusi mudik ini, kami berharap masyarakat khususnya pengguna kartu kredit Mandiri bisa memenuhi kebutuhan keluarga untuk lebaran tahun ini dengan lebih hemat dan praktis, langsung diantar ke rumah tanpa harus ditenteng-tenteng ketika mudik, ditambah bebas biaya kirim,” sambut Noorman Andrianto, Assistant Vice President Bank Mandiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)