RPX, perusahaan penyedia layanan pengiriman ekspres dan solusi logistik terpadu (one stop logistics) menggandeng Indomaret untuk meluncurkan layanan terbarunya, yakni Indomaret Drop (I-Drop) dan RPX Mobile Apps.
Menurut Vice President Services RPX Group Muhammad Kadrial, layanan I-Drop sebagai solusi mudah mengirim paket, terutama untuk perdagangan elektronik (e-commerce) yang saat ini sedang happening di Tanah Air. “Kami bekerja sama dengan 10.650 gerai Indomaret di Jawa dan Bali sebagai lokasi keberangkatan paket (origin shipment) ke tujuan seluruh Indonesia,” katanya.
Melalui I-Drop, pelanggan e-commerce dapat mengirimkan paket dengan berat maksimal 5 kg. I-Drop menjadi solusi pengiriman e-commerce besar (marketplace korporasi) dan segmen penjual individu yang memanfaatkan sosial media sebagai toko (social media shop).
Transaksi I-Drop yang ditawarkan RPX kepada pengirim/penjual e-commerce hanya tiga langkah mudah. Pertama, setelah terjadi transaksi e-commerce, penjual akan mendapatkan notifikasi I-Drop secara otomatis dari RPX Mobile Apps. Kedua, penjual membawa paket pesanan ke Indomaret terdekat. Terakhir, paket akan diantarkan RPX kepada pembeli.
Untuk mendukung I-Drop, RPX meluncurkan layanan pada perangkat ponsel pintar dengan nama RPX Kiriman Express, sebagai The Most Updated RPX Mobile Applications, yakni pengembangan dari RPX Mobile Apps yang diluncurkan pertama di Indonesia sejak Desember 2011.
Peningkatan kemampuan RPX Mobile Apps, menurut Kadrial, menjadi langkah pembaruan RPX sesuai permintaan pelanggan dewasa ini seperti penetrasi penggunaan internet, kemudahan operasional smartphone, meningkatnya penggunaan jejaring sosial serta memperkuat jaringan ritel dan e-commerce di Indonesia. Setiap pelanggan yang mendaftar (register/sign up) di RPX Mobile Apps, mendapatkan virtual account (VA), salah satunya berfungsi dalam metode pembayaran.
“Sejalan perkembangan e-commerce, diharapkan semua pelaku bisnis terkait bersinergi memberikan edukasi dan solusi bertransaksi kepada publik. Misalnya, menjawab ketidakpercayaan konsumen, maka bersama-sama menyediakan kenyamanan berbelanja online, antara lain saluran komunikasi penjual – pembeli jelas, tersedianya pilihan pembayaran yang bisa diterima banyak orang, penangangan barang secara tepat serta sistem pengantaran paket yang dapat diandalkan,” tandas Kadrial.