Saatnya Guru Manfaatkan Platform Pembelajaran Digital

MIX.co.id - Kementerian Kominfo berkolaborasi dengan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI)  dan mitra utama Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara (YPAN) menggelar Program  Literasi Digital Nasional “Indonesia Makin Cakap Digital 2021” di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, pada akhir November ini. Dalam rangkaian program ini, diluncurkan aplikasi SahabatGuru. Pada acara peluncuran ini digelar juga program webinar bertajuk “Platform Pembelajaran Digital Sebagai Sarana Pembelajaran Modern Guru".

Anggota  DPR Komisi 11, H. Charles Meikyansah, S.Sos., M.I.Kom., menekankan bahwa setidaknya ada dua kata kunci untuk memahami era disrupsi. Pertama, inovasi dengan cepat, beragam, dan semakin banyak jumlahnya. Kedua adalah perubahan fundamental dari pola lama menuju cara baru. "Inovasi dan perubahan fundamental ini harus dilakukan dengan bijak agar tidak membawa pengaruh buruk," ucapnya.

Lebih jauh ia memaparkan bonus demografi yang dialami Indonesia saat ini tidak hanya dapat menjadi berkah, namun juga berpotensi menjadi musibah. Peningkatan kualitas pendidikan menjadi kunci untuk dapat melalui apa yang diprediksi para ekonom sebagai “middle income trap” atau jebakan penghasilan kelas menengah, dan dapat menghasilkan generasi penerus yang dapat menepati janji-janji kemerdekaan.

Menghadapi kondisi saat ini memang tidak mudah. Namun, kondisi yang sama juga mempunyai sisi positif. Kondisi ini mendorong semua pihak untuk beradaptasi dan berperan aktif dalam menghadapi revolusi industri 4.0. “Hal ini menyebabkan terjadinya transformasi digital pada proses pembelajaran. Seluruh guru mau tidak mau harus belajar dan mengakrabkan diri dengan teknologi informasi,” kata Septriana Tangkary, S.E., M.M., Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kominfo RI.

Ditambahkan Bupati Batang H. Wihaji, S.Ag., M.Pd., jangan sampai teknologi menjadi masalah baru dalam dunia pendidikan. Perkembangan teknologi yang terjadi saat ini diharapkan mampu menjawab kebutuhan para guru dan siswa dalam menjalani proses belajar-mengajar.  "Hal ini menjadi tugas bagi para ahli digital untuk menemukan terobosan baru serta sistem digital yang efektif, efisien, dan sederhana bagi para guru terutama yang berada di daerah," ucapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)