MIX.co.id – Di bulan suci Ramadan yang penuh berkah ini, brand kuliner asal Bandung, Ayam Bang Dava, menampilkan karya seni anak yatim pada kemasannya.
Menurut Iqbal Mardani, Marketing Communication Lead Sagala Group, pihaknya mengaperasiasi karya seni penuh makna yang lahir dari sentuhan tangan anak-anak yatim.
“Di tengah maraknya penggunaan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI), kami mengajak adik-adik dari panti asuhan untuk ikut andil dalam mendesain kemasan,” tuturnya.
Karya seni yang ditampilkan pada kemasan adalah hasil karya seorang anak pemenang lomba kompetisi menggambar yang diadakan oleh Ayam Bang Dava bersama anak-anak yatim di Panti Yatim Indonesia Pesantren Cimahi & Panti Asuhan Muhammadiyah Sumur Bandung.
Di antara karya-karya yang terkumpul, banyak yang menampilkan elemen khas Ramadan seperti masjid, takjil, dan suasana kebersamaan saat berbuka puasa. Setiap detail pada karya-karya tersebut juga mencerminkan ketulusan dan imajinasi mereka-mereka yang merindukan momen berbagi dan kebersamaan di bulan suci.
Karya terpilih datang dari Nur Ainun Salsabila, peraih juara 1 dalam kompetisi ini, yang juga menggambarkan semangat dan keceriaan yang erat kaitannya dengan kehangatan suasana bulan Ramadan.
Karya Nur Salsabila mengambarkan seseorang yang membagikan makanan dan zakat sebagai simbol kepedulian. Selain itu, terdapat elemen seperti lentera dan jam yang kian menegaskan atmosfer Ramadan, dipadukan dengan warna-warna cerah.
“Di dalamnya, tersimpan cerita, harapan, dan kebanggaan yang berpadu dalam setiap detail kemasan Ayam Bang Dava edisi Ramadan tahun ini,” ujar Iqbal dalam keterangan pers yang diterima redaksi, Minggu (9/3), di Jakarta.
“Saya senang dapat turut berpartisipasi karena selain bisa mendorong kreativitas adik-adik disini, juga bisa meramaikan suasana Ramadan bersama Ayam Bang Dava," ucap Asep Rohmana selaku pengelola Panti Yatim Indonesia Pesantren Cimahi.
Selain menampilkan karya spesial pada kemasannya, Ayam Bang Dava juga mengajak masyarakat untuk turut serta dalam berbuat kebaikan selama bulan Ramadan. Melalui kolaborasi dengan KitaBisa.com, Ayam Bang Dava mengajak masyarakat turut serta dalam program crowdfunding untuk berbagi kebahagiaan Ramadan dengan anak-anak yatim dan kaum dhuafa.
Pihaknya berkolaborasi dengan sejumlah komunitas anak muda di Jakarta, Bandung, dan Yogyakarta untuk membagikan iftar gratis kepada mereka yang membutuhkan selama bulan Ramadan. Termasuk mengadakan program Buka Bersama dengan anak-anak yatim.
"Kami berharap sederet inisiatif yang kami hadirkan selama bulan Ramadan dapat membantu dan menginspirasi lebih banyak orang untuk berpartisipasi dalam berbagi kebaikan di bulan Ramadan," harap Iqbal.
Bertepatan dengan peringatan ulang tahun ke-6 Sagala Group, pihaknya mengadakan giveaway berupa iPhone sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan. Pelanggan bisa berpartisipasi dalam program ini dengan cara membeli produk Ayam Bang Dava dan mengisi formulir undian giveaway.
SAGALA Group, perusahaan induk dari Ayam Bang Dava, saat ini mengoperasikan 41 outlet yang tersebar di sejumlah wilayah, seperti Jakarta, Bandung, Bekasi, dan Tangerang.
Di usia ke-6 tahun, Ayam Bang Dava memperluas jangkauannya ke beberapa lokasi baru, di antaranya Yogyakarta, Malang, Surabaya, dan Bali. ()