Samsung Galaxy Note20 Series Cetak Konten Kreator Sekelas Profesional

Samsung Galaxy Note20 Series memang pantas dijuluki sebagai gawai pintar yang serba bisa.  Selain cocok untuk menunjang aktivitas sehari-hari, deretan fitur canggihnya juga sangat mendukung untuk mengembangkan kreatifitas seperti videografi yang sekarang lagi happening.

Di generasi terbaru ini, Samsung menghadirkan banyak peningkatan pada kemampuan video dari Galaxy Note20 Series. Bahkan, pengguna disuguhkan fitur-fitur kelas profesional yang tidak dijumpai pada produk flagship lainnya.

Keunggulan kamera Galaxy Note20 Series adalah kemampuannya untuk merekam video hingga resolusi 8K. Kualitas gambar yang dihasilkan lebih tajam dan dapat menangkap hingga detail kecil sekalipun. Resolusi 8K merupakan resolusi yang empat kali lebih tinggi dibanding 4K UHD.

Tidak hanya itu, untuk pertama kalinya Samsung memungkinkan penggunanya untuk merekam video pada 120fps dengan kualitas gambar yang sangat mulus, ditunjang dengan layar yang memiliki refresh rate 120Hz. Saat merekam pada 120fps, kamera dari Samsung Galaxy Note20 dan Note20 Ultra mampu mengambil adegan secara mulus walaupun subjek maupun objek yang direkam melakukan pergerakan yang sangat cepat.

Samsung Galaxy Note20 dan Note20 Ultra menawarkan opsi perekaman video yang beragam, mulai dari merekam dengan kualitas hingga 8K serta menciptakan video slow motion hingga 24fps. Pengguna bisa membuat video slow motion dari awal maupun mengubah kecepatan dari video biasa. Melalui fitur Speed Control pada bagian editor video, pengguna bisa menonjolkan perasaan emosional dari video berkecepatan standar menjadi slow motion. Hasil video pun akan tetap mulus walaupun kecepatan diatur menjadi 4 kali lebih lambat.

Kemudian, fitur Controlling Zoom Speed. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengatur kecepatan zoom sesuai kebutuhan. Misalnya zoom-in perlahan untuk mendapatkan adegan close-up yang lebih dramatis, atau zoom-out secara cepat untuk mendapatkan sudut yang lebih luas. Dengan fleksibilitas seperti ini, setiap pengguna bisa lebih leluasa berkreasi dan menciptakan video dengan gaya sesuai preferensi masing-masing.

Untuk menghasilkan efek bokeh pada latar belakang, caranya dengan melakukan zoom secara perlahan untuk fokus pada objek yang direkam. Begitu pun jika ingin menciptakan efek dramatis dari suatu objek, caranya dengan melakukan zoom secara cepat ke arah obyek yang ingin disorot.

Samsung melakukan terobosan dengan menghadirkan Pro Mode Video. Fitur ini berfungsi mengatur ISO, Shutter Speed, Manual Focus, dan fungsi lainnya secara manual ketika merekam video tanpa harus mengunduh aplikasi pihak ketiga. Smartphone pada umumnya, pengaturan manual hanya untuk fotografi saja, bukan untuk videografi.

Tidak kalah penting adalah fitur Super Steady. Fitur ini didukung OIS dan Advanced AI Stabilization menjanjikan perekaman video yang lebih stabil. Dengan Super Steady, merekam video tetap stabil  meski dilakukan sambil berlari atau sambil berkendara.

Seluruh kemampuan perekaman video yang dimiliki oleh Samsung Galaxy Note20 dan Note20 Ultra tentunya tidak terlepas dari spesifikasi kamera terbaik yang tertanam pada Samsung Galaxy Note20 dan Note20 Ultra. Samsung Galaxy Note20 dibekali dengan tiga kamera, masing-masing 12MP lensa wide angle, 64MP lensa telephoto, dan 12MP lensa ultra wide. Sedangkan Samsung Galaxy Note20 Ultra memiliki tiga kamera dengan spesifikasi 108MP lensa wide angle, 12MP lensa ultra wide angle, dan 12MP lensa telescopic.

Kemampuan powerful videografi Galaxy Note20 Series ditunjang pula audio. Hal ini agar tidak hanya hasil videonya bagus, tapi juga audionya terdengar jelas. Untuk memproleh kualitas audio yang  jernih tanpa gangguan (noise), disodorkan beberapa opsi, yakni omni, rear, dan front.  Fitur tersebut hadir berkat tiga mikrofon yang dimiliki oleh Samsung Galaxy Note20 dan Note20 Ultra yang mengitari bodi smartphone.

Omni artinya microphone Galaxy Note20 Series akan menangkap suara dari segala arah. Sementara front dan rear, sesuai namanya,  hanya akan menangkap suara dari depan atau belakang.

Di samping itu, bisa juga menggunakan USB dan bluetooth. Mode USB caranya dengan memasang memasang mic eksternal lewat port USB Type-C di Galaxy Note20, sedangkan bluetooth adalah opsi untuk merekam audio dengan bantuan perangkat nirkabel seperti Galaxy Buds Live.

Dukungan fitur-fitur canggih tersebut menjadi alasan bahwa Samsung Galaxy Note20 Series sangat pas dimiliki oleh para konten kreator untuk menghasilkan video sekelas professional. ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)