Sania, merek tepung terigu dari Wilmar Indonesia, memperkenalkan program terbarunya, “Sania Exclusive Masterclass”. Objektif dari program adalah untuk membantu para pelaku bisnis makanan rumahan untuk mengembangkan usahanya dengan memberikan bantuan modal usaha senilai Rp 50 juta. Melalui program tersebut, Sania juga memberikan pelatihan online secara eksklusif bersama empat master di bidangnya.
Sejatinya, program ini merupakan wujud kepedulian Sania terhadap masyarakat yang terdampak pandemi, yang kemudian memutuskan untuk memulai usaha, alah satunya usaha kuliner. Sayangnya, kurangnya pengalaman, pengetahuan, maupun modal menjadi kendala yang menghambat para pelaku usaha makanan pemula untuk berkembang secara optimal.
Dijelaskan Nuri Rialen, Marketing Manager Sania, “Sania Exclusive Masterclass” merupakan kelanjutan dari program #BerbagiKebaikan yang sukses diselenggarakan tahun lalu. “Melalui program Sania Exclusive Masterclass, kami memberi kesempatan bagi pelaku usaha rumahan untuk meningkatkan skills berwirausaha dan beradaptasi di tengah kondisi pandemi saat ini,” ucapnya.
Lebih jauh ia menegaskan bahwa usaha makanan rumahan memiliki potensi yang luar biasa untuk membantu bangkitnya perekonomian Indonesia di saat pandemi seperti ini. Untuk itu, diperlukan pengetahuan dan bimbingan dari mentor yang tepat agar para pelaku usaha rumahan saat ini dapat berkembang dan meraih keuntungan.
"Melalui program Sania Exclusive Masterclass, para pengusaha makanan rumahan yang menggunakan bahan baku tepung terigu protein dan berjualan secara online kurang dari satu tahun, diajak untuk mengunggah foto menu andalan usaha mereka serta menceritakan latar belakang usaha di media sosial, dengan men-tag Instagram @pastisania hingga 13 Oktober 2020,” paparnya.
Selanjutnya, akan ada 10 peserta terbaik yang dipilih untuk berkesempatan mendapatkan modal usaha senilai puluhan juta rupiah dan akan dibina melalui empat kelas eksklusif yang diselenggarakan secara online untuk mengembangkan usahanya.
Kelas pertama adalah Kitchen Class bersama Chef Yongki Gunawan, master baking Indonesia dengan pengalaman lebih dari 40 tahun. Kemudian, Photography Class bersama Charlie Sugiri, master food photography yang telah dipercaya menangani lebih dari 100 klien Food & Beverage. Selain itu, ada juga Marketing Class bersama Yosef Baskoro, master online marketing yang merupakan creative marketer dan pendiri sekolahpebisnis.com. Terakhir, Finance Class bersama Yuszak Yahya, master UMKM Indonesia yang telah berhasil sukseskan ribuan wirausaha di 30 kota.
"Keempat topik pelatihan kelas online eksklusif tersebut telah kami siapkan dan sesuaikan dengan kebutuhan skill dalam mengembangkan usaha mereka di dalam kondisi pandemi saat ini. Kami berharap, upaya ini bisa menjadi bekal sekaligus stimulus bagi para pelaku usaha makanan rumahan di Indonesia untuk tetap terus berkembang dan beradaptasi sehingga bisa menjadi pengusaha sukses yang handal di bidang kuliner,” pungkas Nuri.