Satu Dekade, Avoskin Perkuat Positioning sebagai Brand Skincare Lokal yang Mengusung Inovasi dan Keberlanjutan

MIX.co.id - Menginjak satu dekade (10 tahun) kehadirannya di Indonesia, Avoskin, merek kecantikan asal Yogyakarta, kembali memperkuat posisinya sebagai salah satu brand skincare lokal terdepan di Indonesia dan ASEAN dengan mengusung konsep "Green & Clean Beauty".

Mengombinasikan bahan alami dan aktif, Avoskin konsisten menghadirkan produk perawatan kulit inovatif berkualitas tinggi dan mengutamakan keamanan, memantapkan diri sebagai brand skincare lokal yang terus merawat nilai keberlanjutan pada seluruh prosesnya, mulai dari konsep hingga pemasaran dan pasca-penggunaan.

Produk pertama Avoskin, yakni basic skincare series, pada 2014 sukses meraih perhatian publik sebagai skincare lokal yang menitikberatkan inovasi dan keamanan. Diikuti dengan Perfect Hydrating Treatment Essence (PHTE) pada 2016, yang mengantarkan Avoskin pada popularitas berkat keberaniannya sebagai brand skincare lokal pertama yang meluncurkan PHTE.

Avoskin terus melahirkan produk inovatif lainnya seperti Miraculous Refining Series pada 2018 yang menjadi pioneer untuk trend chemical exfoliator di Indonesia, dimana saat itu masih jarang terpapar produk sejenis. Fokus pada eksfoliasi kulit, rangkaian produk ini disempurnakan dengan kehadiran Miraculous Retinol Series yang ditujukan untuk mengatasi penuaan dini dengan kandungan aktif dan ekstrak bahan alami.

Diungkapkan CEO Avoskin Anugrah Pakerti, keseriusan Avoskin menciptakan produk inovatif berkontribusi signifikan terhadap pertumbuhan pendapatan Avoskin. Secara rata-rata, brand Avoskin mencatatkan pertumbuhan hingga double digit. “Deretan produk inovatif Avoskin berperan penting dalam mendorong pertumbuhan pendapatan Avoskin pada kurun waktu 2019 sampai saat ini hingga lebih dari 40%. Angka yang jauh lebih tinggi dikomparasi dengan pertumbuhan pendapatan industri skincare pada umumnya sepanjang periode 2019-2024 yang sebesar 2-4%.”

Demi melahirkan produk skincare yang menjawab kebutuhan perawatan kulit dengan tepat, lanjutnya, penting bagi Avoskin jeli mengamati dan mengantisipasi pergerakan tren perawatan kulit yang sedang bergulir. Didukung riset dan observasi mendalam, memaksimalkan tim Avoskin membuahkan ide inovatif yang diikuti dengan perencanaan formulasi produk secara akurat, dengan mempertimbangkan fungsi yang mampu menjawab kebutuhan kulit dengan seksama, berbekal bahan aktif dikombinasikan dengan kandungan natural untuk memenuhi kebutuhan perawatan kulit sesuai jenis kulit yang tepat.

Data internal PT Avo Innovation and Technology menunjukkan Top 5 Kontribusi Produk yang memberikan andil luar biasa pada kinerja bisnis Avoskin sepanjang 2020-2024. Kelimanya adalah Miraculous Refining Toner, Miraculous Retinol Ampoule, YSB Serum Alpha Arbutin, YSB Serum Niacinamide, dan YSB Serum Vitamin C.

Hingga kini, dominasi pertumbuhan berasal dari kanal online (lebih dari 60%). Secara market landscape situasi ini menunjukkan peluang Avoskin yang terbuka lebar untuk memperkuat kanal distribusi yang dapat memadukan jaringan distribusi online dan offline. Peluang wilayah yang belum menjadi fokus penetrasi juga masih sangat luas, dengan harapan inklusivitas yang ingin dibawa Avoskin dapat terefleksi melalui jangkauan geografis di masa depan.

"Selalu setia pada nilai yang dimiliki, prioritas utama Avoskin adalah bertumbuh selaras kualitas, serta menciptakan jajaran produk inovatif yang bisa diterima dengan baik oleh customer. Jenis produk Avoskin yang beragam tak lepas dari upaya perluasan bisnis melalui lini produk baru dengan target pasar berbeda, sehingga market kian luas dan bervariasi," imbuhnya.

Data internal yang diperoleh melalui survei menunjukkan bahwa Avoskin diingat sebagai brand yang memiliki value kuat di bidang sustainability. Hal ini menjadi pembeda jelas dibandingkan brand skincare Indonesia lainnya. "Value tersebut juga terimplementasi dalam ragam program turunan campaign #LoveAvoskinLoveEarth yang berpusat pada keberlanjutan seperti #MulaiDariMejaRias dan #GlowingMilikSemua yang fokus pada hak setiap perempuan dan laki-laki untuk memiliki kulit glowing," imbuhnya.

Konsistensi akan value sustainability direalisasikan melalui seluruh produk, di antaranya dengan memakai bahan natural dan kemasan ramah lingkungan, hingga beragam program CSR di bidang pelestarian lingkungan hingga women & child empowerment. Kesadaran Avoskin sebagai produk yang menganut konsep keberlanjutan merupakan salah satu peluang unik yang dapat dipromosikan secara konsisten, karena kesadaran customer terhadap lingkungan pada dekade ini semakin meningkat. Customer tidak hanya mendapatkan manfaat produk, namun juga memiliki kontribusi terhadap tujuan positif yang lebih besar.

“Setiap keputusan bisnis akan memiliki acuan kriteria yang lebih panjang, karena lebih banyak hal yang dikalkulasi terkait dampak yang diciptakan. Secara keseluruhan, semakin banyak customer yang sadar dan mendukung gagasan kami untuk terus berinovasi dengan tetap memperhatikan aspek-aspek kelangsungan lingkungan, seperti lebih mindful dalam membeli produk, dan terlibat langsung dalam upaya mengurangi sampah kemasan produk skincare serta upcycle kemasan menjadi barang yang memiliki nilai tambah. Fokus ini memiliki pengaruh bisnis jangka panjang yang cukup kuat dan memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian customer akan produk Avoskin,” urai Anugrah.

Sementara itu, demi memperluas jangkauan ekspansi, Avoskin juga menjalin komunikasi positif dengan mitra potensial dari berbagai negara Asia Tenggara. Saat ini Avoskin telah memperluas distribusi produknya antara lain ke Vietnam pada 2021, Singapura pada 2022, dan Brunei Darussalam pada 2023 serta akan segera melakukan penjualan di Malaysia pada kuartal pertama tahun 2025. Seluruhnya setia berpegang pada konsep “Green & Clean Beauty".

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)