MIX.co.id - Sejasa, perusahaan layanan penyedia jasa profesional di Indonesia, berhasil mendapatkan pendanaan series A US$ 4 juta. Pendanaan ini dipimpin oleh perusahaan modal ventura yang berbasis di Shanghai, Morning Crest Capital (MCC), dan BTFV, perusahaan modal ventura yang berbasis di Singapura.
"Pendanaan ini akan kami gunakan untuk memperkuat jejak di Indonesia dan Malaysia, serta untuk tumbuh di seluruh Asia Tenggara. Ke depannya, Sejasa berencana untuk memperluas cakupan ke lebih banyak kota di Indonesia, seperti Bandung, Surabaya, Bali, Jogjakarta, dan Medan," ungkap Anthony Eka Wijaya, Co-Founder Sejasa.
Selain itu, lanjutnya, Sejasa juga ingin mengembangkan dan memperkuat tim dengan fokus terhadap produk, teknik, analisis data, pemasaran, serta mengembangkan fitur aplikasi dan web platform untuk meningkatkan pengalaman pengguna dengan lebih baik dan membangun fitur yang dapat memberdayakan UKM dan individu profesional penyedia jasa untuk mengelola dan mengembangkan bisnis mereka.
Selama ini, Sejasa telah membantu pemilik rumah dan konsumen yang membutuhkan layanan jasa profesional dan menghubungkan mereka dengan UKM (Usaha Kecil Menengah) dan individu profesional penyedia jasa. Sejasa merupakan bagian dari Recommend Group, yang berasal dari Singapura dan juga beroperasi di Malaysia dengan nama Recommend.my.
Sejasa tercatat telah menyediakan lebih dari 200 jenis layanan jasa, termasuk perawatan rumah, perbaikan rumah, jasa pertukangan, servis elektronik, kebersihan dan disinfektan, hingga kecantikan. Nilai lebih lainnya yang ditawarkan Sejasa adalah garansi 30 hari dan asuransi ganti rugi sebesar Rp 300.000.000 kepada setiap pelanggan untuk setiap kemungkinan yang terjadi, seperti kerusakan properti, pencurian, kebakaran, dan lain-lain.
“Telah melayani lebih dari satu juta rumah di Indonesia dan Malaysia, hingga saat ini kami memiliki wawasan yang cukup mendalam mengenai apa yang diinginkan masyarakat saat mencari layanan servis dari rumah. Kami menggunakan algoritma pencocokan untuk mengetahui keinginan konsumen dan menggunakan faktor-faktor penentu, seperti lokasi, kompleksitas pekerjaan, dan jadwal untuk memberikan rekomendasi layanan profesional terbaik," ungkap Jes Min Lua, Co-Founder dan CEO Recommend Group.
Sejasa juga telah bekerja sama dengan lebih dari 40.000 UKM informal dan individu profesional penyedia jasa untuk menstandardisasi cakupan dan harga layanan, meningkatkan kualitas layanan, dan memungkinkan penyedia jasa untuk mengumpulkan pembayaran tanpa uang tunai. "Tujuannya adalah untuk meningkatkan standar layanan di Indonesia, mengembangkan keterampilan penyedia jasa profesional, dan mempercepat pemulihan ekonomi lokal," lanjutnya.
Fred (Xiaofan) Bai, Managing Partner MCC, mengungkapkan, "Kami telah melihat bagaimana platform ini dapat ditingkatkan untuk mencakup berbagai jenis layanan dan bahkan lintas geografi. Kami memiliki keyakinan pada tim Recommend Group untuk mempercepat digitalisasi layanan rumah di seluruh Asia Tenggara, yang merupakan peluang pasar yang sangat besar. Kami terus optimis dalam digitalisasi layanan lokal secara global dalam 5-10 tahun ke depan."
Sementara itu, diakui Goh Seng Wee, Managing Director BTFV, "Kami sangat terkesan dengan semangat dan dorongan dari tim kepemimpinan Recommend. Pandemi adalah periode yang sangat menantang bagi industri jasa rumah tangga, dan fakta bahwa mereka terus tumbuh dan berkembang merupakan bukti inovasi, ketahanan, dan komitmen tim."