Sepanjang 2021, DANA Raih 45 Juta Pengguna Baru

MIX.co.id - Sepanjang 2021, dompet digital DANA berhasil mencatatkan total pengguna hingga 95 juta, di mana pada tahun 2020 jumlahnya mencapai 40 juta. Itu artinya, jumlah pengguna baru DANA bertambah lebih dari separuhnya, yakni 45 juta. Perolehan pengguna baru ini merupakan yang tertinggi sepanjang perjalanan DANA, sejak resmi diluncurkan pada Desember 2018 lalu. Bahkan, sepanjang 2021, jumlah pengguna aktif DANA juga naik hingga 101%.

Rangga Wiseno, Chief of Product DANA, menegaskan, “Pertumbuhan pengguna menandai kesiapan masyarakat akan pemanfaatan dompet digital. Dengan mengedepankan teknologi inovasi dalam fitur-fitur kami, masyarakat telah melihat dompet digital sebagai sebuah kebutuhan. Dengan demikian, promosi tidak lagi menjadi faktor utama yang mempengaruhi mereka untuk mengadopsi dompet digital seperti DANA.”

Seiring dengan pertumbuhan pengguna, volume transaksi DANA juga mengalami kenaikan 143% (year on year), dengan rata-rata 7 juta transaksi per hari. Pertumbuhan juga terjadi pada sejumlah fitur yang selama ini menjadi favorit pengguna, yaitu QRIS Payment, transaksi online merchants, DANA Biller untuk pembayaran tagihan rutin, Kirim Uang, dan fitur DANA Bisnis yang berhasil meningkatkan transaksi 400.000 mitra UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) sebesar 35%. Pertumbuhan juga terjadi pada fitur Top Up sebesar 168%.

Sementara itu, lanjut Rangga, fitur ‘Simpan Kartu’ (Card binding) juga makin diminati oleh pengguna. Jumlah pengguna yang menyimpan kartu (debit maupun kredit) di DANA tumbuh 34% di 2021. Sementara jumlah kartu yang disimpan dalam dompet digital DANA sepanjang 2021 meningkat 29%.

“Pencapaian positif ini merupakan hasil dari komitmen DANA untuk memberikan pengalaman bertransaksi yang aman, mudah, nyaman dana tepercaya. Di tahun 2021, DANA tetap mengedepankan pengalaman bertransaksi digital pengguna lewat tiga pilar, yaitu trusted, friendly dan accessible,” ungkapnya.

Capaian positif di 2021 juga menjadi bukti komitmen DANA untuk menjadi jembatan bagi ekosistem ekonomi digital sekaligus mewujudkan keuangan digital yang semakin inklusif. Caranya dengan aktif berkolaborasi dan mengintegrasikan dompet digital DANA ke berbagai mitra, pemerintah dan regulator, hingga institusi finansial. Saat ini, DANA sudah terhubung langsung dengan bank-bank BUKU IV dan terkoneksi secara langsung dan tidak langsung dengan semua bank di Indonesia melalui Acquiring Bank dan Switching.

“DANA tidak melihat lembaga keuangan dan perbankan sebagai pesaing, melainkan mitra strategis untuk mempercepat inklusi keuangan digital. Itu sebabnya, di tahun 2021, ada belasan program maupun kampanye yang kami lakukan dengan mitra perbankan,” tambah Dedy Sahat, Director of Business Development DANA.

Tahun 2022 ini, DANA akan berfokus dalam mengoptimalkan pengalaman bertransaksi digital pengguna dengan memperluas fiturnya, termasuk menyediakan layanan finansial kepada konsumen dan menambahkan beberapa inisiatif untuk merchant. Sejumlah inisiatif tersebut termasuk menyederhanakan proses on boarding dan integrasi dengan mitra, serta meluncurkan beberapa produk yang berkaitan dengan asuransi dan pinjaman (paylater).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)