Categories: News Trend

Separuh Millennials Indonesia Bersedia Ikut Webinar Berbayar

Kebijakan Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di masa Pandemi Covid-19 telah memicu lahirnya tren baru, antara lain pertemuan virtual, seminar virtual atau Webinar (web-based seminar), hingga event virtual.

Studi terbaru yang dirilis Imogen Communications Institute (ICI) mengungkapkan bahwa di masa New Normal, Webinar masih akan tetap menjadi tren. Namun, trennya sudah mulai bergeser dengan konten yang lebih serius dan berbayar.

Dari hasil survei kepada 100 millennial (26-35 tahun) di seluruh Indonesia pada Mei 2020 dijumpai fakta bahwa 56 persen responden menyatakan tertarik mengikuti webinar berbayar. Adapun 44 persen responden lainnya lebih memilih mengikuti webinar gratis.

Dijelaskan Jojo S. Nugroho, Managing Director Imogen PR sekaligus Principal ICI, “Sebagian besar responden menyatakan tertarik mengikuti webinar berbayar asalkan tanpa syarat-syarat khusus, harganya harus terjangkau serta materinya menarik, dan bermanfaat dalam menambah pengetahuan dan skill.”

Lebih jauh Jojo menerangkan, para responden rela mengeluarkan bujet untuk mengikuti webinar berbayar sesuai dengan kemampuan ekonominya dan kebutuhan mereka masing-masing.

Dari responden yang menyatakan tertarik mengikuti webinar berbayar tersebut, 60 persen di antaranya bersedia membayar dengan kisaran antara Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu. Sementara itu, 13 persen responden lainnya bersedia membayar lebih dari Rp 200 ribu dan 8 persen bersedia membayar bila harganya kurang dari Rp 100 ribu.

Sementara itu, 60 persen responden juga mau ikut webinar berbayar asalkan memiliki konten inspiratif karena ingin mempelajari hal baru dan merasa termotivasi. Adapun 51 persen responden ingin konten yang ekslusif, bagus, dan jarang ditemui di webinar lain.

Bahkan, 50 persen responden ingin ikut karena materinya tentang hal teknis dan memberikan tutorial secara step by step. Dan, 31 persen respon rela membayar karena pembicara dalam webinar tersebut professional, praktisi, dan terkenal di bidangnya.

”Yang penting buat mereka, syarat webinar berbayar yang diminati di antaranya memiliki konten atau materi inspiratif, eksklusif, berbicara hal teknis, dan menampilkan pembicara yang keren dan popular,” pungkas Jojo.

Dwi Wulandari

Recent Posts

Ramaikan Pasar Kuliner di Indonesia, Ayam Cap Nikmat dan Jus Aja! akan Buka Peluang Kemitraan

MIX.co.id - PT Mitra Boga Ventura (MBV Group) resmi meluncurkan brand kuliner terbarunya, Ayam Cap…

18 hours ago

Sharp Umumkan Pemenang Program “Sharp Lovers Day-Fiestapora”

MIX.co.id - Program "Sharp Lovers Day-Fiestapora" baru saja berakhir pada penghujung Maret 2024 lalu. Sukses…

1 day ago

MGID Raih Penghargaan “Asia-Pacific Stevie Awards 2024”

MIX.co.id - Platform periklanan global MGID berhasil menyabet penghargaan Bronze Stevie® Awards di ajang "Asia-Pacific…

1 day ago

MPMInsurance Edukasi Pentingnya Memiliki Asuransi Kendaraan

MIX.co.id – Perusahaan asuransi umum MPMInsurance, anak perusahaan PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk. mengedukasi pentingnya…

2 days ago

Kinerja Solid, Prudential Tumbuh 15 Persen Sepanjang 2023

MIX.co.id – Kinerja apik berhasil ditorehkan PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) dan PT Prudential…

2 days ago

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Hadirkan Kategori Baru

MIX.co.id - Program "PropertyGuru Indonesia Property Awards" akan kembali digelar pada 23 Agustus 2024 mendatang…

2 days ago