MIX.co.id - Sharp Indonesia telah menggelar program tahunan "Sharp Dealer Convention 2024", pada 15-17 Mei 2024 lalu. Program tersebut sebagai bentuk apresiasi atas usaha dan kerja keras para partner Sharp. Mengusung tema “A Wonderful Journey”, Sharp mengajak para dealer melakukan napak tilas perjalanan Sharp Indonesia selama 54 tahun di Indonesia.
Mengambil lokasi di Labuan Bajo, Sharp memiliki tujuan untuk memperkenalkan keindahan alam dan budaya Indonesia kepada lebih dari 200 dealer yang berasal dari seluruh Indonesia. “Ini adalah salah satu bentuk rasa terima kasih kami kepada Indonesia, dengan turut mempromosikan wisata, budaya dan kuliner suatu daerah di setiap acara Dealer Convention Sharp," papar Shinji Teraoka, Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia, dalam keterengsn tertulisnya.
Pada kegiatan tahunan dealer convention kali ini, Sharp Indonesia pun menggelar night market yang melibatkan para pelaku usaha mikro kecil, dan menengah (UMKM) Labuan Bajo dan mendonasikan tong sampah sebanyak 20 unit untuk ditempatkan di sekitar wilayah waterfront Marina Labuan Bajo. Program ini sejalan dengan dengan visi misi Sharp Indonesia yang turut berkontribusi dalam meningkatkan kesejahtaran masyarakat dan pelestarian lingkungan. ”Kami berharap dengan kegiatan ini Sharp Indonesia dapat membantu para pelaku UMKM memperkenalkan produk dan memajukan usaha mereka,” lanjut Teraoka.
Selain di bekali informasi dan menikmati beragam hiburan, para dealer pun di ajak menikmati keindahan alam Labuan Bajo dengan mengunjungi pulau Komodo, Pink Beach dan Pulau Kenawa, serta menikmati keragaman budaya dan kuliner di kampung Melo, Manggarai Barat. Di kampung budaya ini seluruh dealer diajak untuk mengikuti upacara adat dan menari tarian khas suku Manggarai.
Teraoka menegaskan bahwa ada beberapa kebijakan yang akan dijalankan oleh Sharp Indonesia. Pertama, tetap mengedepankan kualitas produk. Kedua, melengkapi jajaran produknya dengan menghadirkan produk-produk yang memiliki fitur local-fit. Ketiga, meningkatkan layanan purna jualnya hingga Sharp dapat mempertahankan posisinya menjadi merek elektronik pilihan masyarakat Indonesia.
"Dengan menerapkan kebijakan ini, kami yakin Sharp akan memiliki positioning yang kuat di pasar elektronik yang tentunya juga akan memberikan dampak positif bagi peningkatan usaha para partner dealer kami," lanjut Teraoka.
Saat ini, Sharp memiliki 34 kantor perwakilan dengan titik layanan purna jual lebih dari 600 titik di seluruh Indonesia. Memiliki saluran distribusi yang luas, menjadikan Sharp sebagai pemimpin pasar untuk beberapa kategori produknya, seperti lemari es sebesar 32,3%, AC 22,5%, mesin cuci 24,2%, air purifier 37%, Microwave 50%, water dispenser 23%, vacuum cleaner 42%, dan TV 13,3%.
"Kami akan terus mempertahankan posisi puncak dan berusaha meningkatkan share kami di beberapa kategori produk dengan menghadirkan produk-produk yang disesuaikan dengan kebutuhan pasar dan masyarakat Indonesia,” urai Andry Adi Utomo, National Sales Senior General Manager PT Sharp Electronics Indonesia.
Melalui program ini, Sharp Indonesia turut menghadirkan beberapa jajaran produk terbaru dari kategori Home Appliances dan Audio Video, seperti AC, mesin cuci, lemari es, LED TV, speaker active, air purifier, smartphone, dan produk-produk small home appliances dimana para undangan dapat melihat dan merasakan langsung kecanggihan one of a kind technology dan fitur-fitur yang dibenamkan pada produk. Para tamu undangan pun dibuat terkesima dengan kehadiran demo masak oleh chef Gunawan dari Plataran Komodo menggunakan produk air fryer untuk memasak Sei Sapi yang merupakan makanan khas Nusa Tenggara Timur.
Lebih jauh Andry menerangkan, jika Sharp Indonesia telah mempersiapkan beberapa strategi pemasaran, di antaranya adalah dengan memegang teguh prinsip merek Jepang yang selalu hadir dengan inovasi produk yang memiliki kualitas terbaik dan teknologi terkini serta menghadirkan beragam kampanye penjualan yang menarik dan menguntungkan bagi konsumen setianya.
Sharp Indonesia pun tetap menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai tanggung jawabnya kepada stakeholder dengan melakukan beragam program yang berfokus pada pelestarian dan pendidikan lingkungan, sosial, dan kesehatan masyarakat. “Kami optimis dengan strategi pemasaran yang telah kami siapkan, kami dapat mencapai target penjualan sebesar 110% di tahun 2024. Tahun 2023 lalu, kami berhasil mencapai angka penjualan di angka 102%,” pungkas Andri.