SHARP Makin Serius Genjot Produk Elektronik Berinverter

Kesadaran konsumen elektronik di Tanah Air akan produk ramah lingkungan dan hemat energi sudah mulai bertumbuh. Hal itu ditandai dengan maraknya produsen elektonik yang membenamkan teknologi inverter ke dalam jajaran produk mereka. Sebut saja, produk lemari es atau kulkas dua pintu dan penyejuk ruangan (AC).

SHARP

Diungkapkan Product Planning Division General Manager PT SHARP Electronics Indonesia Herdiana Anita Pisceria, pada tahun 2014, penjualan produk AC secara nasional mencapai 2,3 juta unit. Dari jumlah tersebut, produk AC berinverter memang masih 5%. Sementara itu, untuk produk lemari es, total penjualan secara nasional mencapai 3,9 juta unit dan 11%-nya adalah produk lemari es berinverter.

Pertumbuhan produk elektronik berinverter, menurut Herdiana, telah lama terjadi pada produk lemari es dan AC SHARP. Pada lemari es dua pintu SHARP misalnya, pertumbuhan produk berinverter mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan. Jika tahun 2012 kontribusi produk lemari es dua pintu berinverter SHARP mencapai 1,2%, tahun 2013 kontribusinya mencapai 9,2%. Tahun 2014, kontribusinya naik lagi, menjadi 28,6%. Tahun 2015, kontribusinya ditargetkan mencapai 35%. Sementara itu, untuk produk AC berinverter SHARP, pada tahun 2014 sanggup tumbuh 32,4%. Padahal, pertumbuhan total AC SHARP di tahun yang sama hanya tumbuh 19,2%.

Menjanjikannya produk lemari es dan AC berinverter, diakui President Director PT SHARP Electronic Fumihiro Irie, tak lepas dari kesadaran konsumen Indonesia yang sudah mulai concern dengan ramah lingkungan dan hemat energi. Itu sebabnya, tahun 2015 ini SHARP memperkuat komitmennya untuk menghadirkan produk-produk lemari es dua pintu dan AC-nya dengan teknologi J-Tech Inverter.

“Saat ini, kami mengamati bahwa bertambahnya jumlah masyrakat kelas menengah di Indonesia telah menciptakan segmen konsumen yang makin cerdas dalam melakukan pembelian. Sekarang, mereka mulai peduli terhadap masalah lingkungan dan penghematan energi. Untuk itu, SHARP tak pernah berhenti mengembangkan komitmen kami terhadap lingkungan dan terus mendampingi mereka melalui inovasi teknologi yang eco-friendly. J-Tech Inverter sebagai teknologi hemat energi dan ramah lingkungan dari SHARP merupakan persembahan kami untuk seluruh konsumen setia SHARP di Indonesia,” papar Irie.

Sejumlah marketing campaign siap dilancarkan SHARP untuk mensukseskan produk lemari es dan AC berinverternya. Mulai dari menayangkan iklan TV Commercial dengan karakter Doraemon yang dimulai pada 12 Februari, roadshow ke sejumlah kota, dealer gathering untuk mengedukasi para dealer seputar added value dari J-Tech Inverter, hingga melakukan in-store branding—lewat leaflet, katalog, dan Point of Purchase.

“Melalui berbagai upaya marketing campaign tersebut, kami menargetkan penjualan AC berinverter mencapai 3.200 unit per bulannya atau dengan raihan pangsa pasar 30%. Sedangkan untuk target lemari es berinverter, SHARP menargetkan penjualan 2.500 unit per bulannya dan memperoleh pangsa pasar sebesar 10%,” patok Herdiana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)