ShopeePay Dukung Pelaku UMKM di Sumatra Utara

MIX.co.id - Setelah Jawa Timur, kini giliran ShopeePay menjangkau para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Sumatra Utara melalui program edukatif, Ruang Diskusi, yang menghadirkan sejumlah pembicara inspiratif dari ShopeePay, Komunitas Tangan Di Atas (TDA) Medan, dan UMKM lokal Mr. Dimsum. 

Program ini sebagai bentuk dukungan berkelanjutan ShopeePay bagi UMKM serta sejalan dengan komitmen #ShopeeAdaUntukUMKM dalam menyediakan berbagai solusi dan dukungan bagi UMKM lokal agar bisa berkembang dan berdaya melalui teknologi.

Lala Eka Nilam, Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay, menuturkan, UMKM merupakan pilar penting dan roda penggerak ekonomi Indonesia. Di era yang serba digital ini, masih banyak pelaku UMKM yang perlu didorong untuk mengintegrasikan usaha mereka ke ranah digital guna mendapatkan manfaat penuh dari ekonomi digital. 

“Sejalan dengan komitmen jangka panjang #ShopeeAdaUntukUMKM, kami secara aktif terus menjangkau pelaku UMKM di berbagai daerah di Indonesia untuk berdiskusi dan berbagi cara dalam mengoptimalkan pertumbuhan bisnis. Kami harap fitur Transfer ShopeePay dan berbagai inisiatif lainnya yang kami hadirkan bisa turut berperan pada perkembangan bisnis UMKM yang kami jangkau, khususnya di Sumatra Utara,” harapnya.

Upaya dalam mendorong UMKM masuk ke dalam ekosistem digital juga turut dilakukan oleh Komunitas TDA, mengingat antusiasme masyarakat dalam menggunakan berbagai layanan digital dan bertransaksi secara online semakin meningkat.

Bag Kinantan, Ketua TDA Medan 7.0, menegaskan, “Kami pun di Komunitas TDA Medan telah secara aktif menghadirkan ruang diskusi untuk berbagi pandangan mengenai tantangan yang dialami sesama pegiat usaha. Melalui Kelas Mentoring Bisnis (KMB) TDA, kami memberikan solusi dan strategi tepat bagi para anggota untuk bisa mengembangkan bisnisnya.”

Di era digital saat ini, Menurutnya, kunci yang harus dipegang para UMKM adalah masuk ke dalam ekosistem digital, mengadopsi berbagai layanan berbasis teknologi pada bisnis, serta pintar memanfaatkan program dan fitur yang ditawarkan oleh berbagai platform layanan digital. “Dengan demikian, dukungan yang diberikan oleh penyedia layanan pembayaran seperti ShopeePay bisa membawa dampak yang positif bagi mereka serta dapat mendorong pertumbuhan bisnis mereka juga,” ucapnya.

Manfaat dari berbagai layanan berbasis teknologi digital juga turut dirasakan oleh Khairul Amri, Pemilik Mr. Dimsum, yang selain menjual dimsum siap saji, kini sudah menjadi produsen dan distributor dimsum di Medan.

“Sudah lebih dari lima tahun Mr. Dimsum hadir dan terus berkembang, hingga kini memiliki 13 gerai dan menjadi salah satu distributor dimsum terbesar di Sumatra. Perjalanannya tentu tidak mudah. Di awal merintis Mr. Dimsum, pesanan satu porsi pun saya antarkan langsung ke konsumen yang lokasinya cukup jauh. Semua saya lakukan untuk membangun kepercayaan mereka pada produk dan layanan Mr. Dimsum. Sampai saat ini, saya pun terus mendengarkan masukkan, saran, dan kebutuhan pelanggan. Adopsi teknologi ShopeePay dan pemanfaatan layanan pesan antar makanan online ShopeeFood pun saya lakukan guna semakin memudahkan konsumen dalam memesan berbagai produk kami dari mana pun,” ceritanya.

Saat ini, Ari juga mulai aktif menawarkan pembayaran menggunakan fitur Transfer ShopeePay agar konsumen bisa melakukan transfer tanpa biaya admin, tanpa batas kuota di setiap pemesanannya. Dia percaya, fitur dan berbagai promo ShopeePay lainnya dapat mendorong masyarakat bertransaksi dengan lebih mudah dan sering.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)