ShopeePay Dukung Pelaku UMKM Go Digital

MIX.co.id - Sebagai salah satu bentuk dukungan berkelanjutan bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) go digital, ShopeePay menghadirkan ruang diskusi virtual untuk pelaku UMKM di Jawa Timur, pada Juli ini. Mengusung tema “UMKM Maju dengan ShopeePay”, program tersebut dihadiri sejumlah pembicara inspiratif dari ShopeePay, Komunitas Tangan Di Atas (TDA) Jawa Timur, dan sosok influencer yang dekat dengan dunia kuliner dan UMKM lokal Jawa Timur. 

Dituturkan Lala Eka Nilam, Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay, “UMKM merupakan pilar penting dan roda penggerak ekonomi Indonesia. Di era yang serba digital ini, masih banyak pelaku UMKM yang perlu didorong untuk mengintegrasikan usaha mereka ke ranah digital guna mendapatkan manfaat penuh dari ekonomi digital. Sejalan dengan komitmen jangka panjang #ShopeeAdaUntukUMKM, kami secara aktif terus menjangkau pelaku UMKM di berbagai daerah di Indonesia untuk berdiskusi dan berbagi cara dalam mengoptimalkan pertumbuhan bisnis.”

ShopeePay juga telah mendukung pelaku UMKM untuk Go Digital dengan pemanfaatan teknologi. Di antaranya, dengan menghadirkan berbagai fitur bermanfaat, seperti Transfer ShopeePay dan peningkatan limit saldo pengguna hingga Rp 20 juta.

Upaya dalam mendorong UMKM masuk ke dalam ekosistem digital juga turut dilakukan oleh Komunitas TDA, mengingat antusiasme masyarakat dalam menggunakan berbagai layanan digital dan bertransaksi secara online semakin meningkat.

Solikin Faisol, Ketua TDA Wilayah Jatim 1 7.0 mengungkapkan, “Kami, Komunitas TDA telah secara aktif menghadirkan ruang diskusi untuk berbagi pandangan mengenai tantangan yang dialami sesama pegiat usaha untuk kemudian mencari solusinya bersama-sama. Saya setuju bahwa penggunaan teknologi dan masuk ke dalam ekosistem digital adalah kunci bagi UMKM untuk bisa bertahan. Tapi, mereka tidak boleh hanya berhenti di situ. Supaya bisa mengelola bisnis dengan maksimal, UMKM juga harus pintar memanfaatkan program dan fitur yang ditawarkan oleh berbagai platform layanan digital. Dengan demikian, dukungan yang diberikan oleh penyedia layanan pembayaran seperti ShopeePay bisa membawa dampak yang positif bagi mereka serta dapat mendorong pertumbuhan bisnis mereka juga.”

Manfaat dari berbagai layanan berbasis teknologi digital juga turut dirasakan oleh Jessica Pricilia Suwandhy, Founder @cecekuliner dan Owner @eatbananarolls @lajeli.id. Sebagai salah satu influencer lokal Surabaya yang rutin berwisata kuliner, Jessica atau yang lebih sering dikenal sebagai Cece Kuliner, bercerita bahwa banyak surga kuliner dari usaha rumahan yang belum banyak diketahui masyarakat. Mereka pun biasanya memasarkan produknya melalui media sosial atau aplikasi pesan instan Whatsapp, sehingga mengharuskan Cece Kuliner untuk melakukan pembayaran melalui metode transfer ke berbagai bank. 

“Sebagai seseorang yang banyak mengulas makanan untuk dibagikan sebagai konten di media sosial, saya harus aktif mencoba berbagai jenis kuliner. Walaupun banyak yang sudah menerima transaksi secara digital seperti melalui QRIS, masih ada usaha-usaha rumahan yang masih mengandalkan metode transfer sebagai solusi pembayaran. Dengan adanya fitur Transfer ShopeePay yang membebaskan pengguna dari biaya admin tanpa batas kuota harian, saya yakin masyarakat bisa lebih leluasa dalam bertransaksi dan para pelaku usaha pun bisa merasakan keuntungan dari meningkatnya minat transaksi masyarakat.”

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)