Shopfest 2018 Patok Transaksi Rp 1,5 Triliun

Kuartal keempat, September hingga November, menjadi periode "perang promo" bagi para pelaku e-Commerce di Indonesia setiap tahunnya. Lantaran, pada periode tersebut, hampir semua pelaku bisnis e-commerce menggenjot penjualan mereka dengan berlomba-lomba menawarkan aneka promo super fantastis. Demikian insight tentang perilaku pembelanja online di Indonesia yang dirilis oleh Shopback Indonesia, platform gaya hidup yang mendorong masyarakat untuk dapat belanja online dengan cara yang hemat dan cermat.

Bahkan, merujuk data Google terungkap bahwa pencarian mengenai festival belanja online dalam beberapa tahun terakhir meningkat hingga 4,5 kali lipat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Tak heran, jika pelaku bisnis eCommerce pun makin menggiatkan program promo guna menarik hati pembelanja online.

Dikatakan Indra Yonathan, Co-Founder dan Country Head of Shopback lndonesia, perilaku pembelanja online di Indonesia banyak melakukan transaksi pada pukul 11.00 di pagi hari saat mereka sedang bekerja dan pukul 20.00 di malam hari saat mereka pulang kerja. Sementara itu, dua hari tertinggi  transaksi online terjadi pada  Selasa dan Rabu.

Berangkat dari fakta tersebut, lanjut Yonathan, Shop Back kembali menggelar Shopfest 2018. Dijelaskan Indra, ShopFest 2018 merupakan kumpulan pesta belanja online akhir tahun terbesar di Indonesia, yang menghubungkan para pelaku e-commerce dengan pembeli secara efektif dan efisien.

“ShopFest 2018 merupakan kali kedua Shopfest diselenggarakan di Indonesia, setelah sebelumnya sukses mendapatkan transaksi pembelian sebesar lebih dari Rp 600 miliar, dengan rata-rata belanja Rp 497.735. Rata-rata belanja ini pun mengalami peningkatan sebesar 17% dibanding dengan periode yang sama (Sep-Des) di 2016,” ujarnya.

Tahun ini, Shopback memprediksi rata-rata belanja masyarakat di kuartal keempat akan meningkat 25-30% dibandingkan 2017. “Untuk itu, kami menargetkan nilai transaksi sebesar Rp 1,5 triliun selama Shopfest berlangsung, yakni September-Desember 2018, serta dapat memberikan cashback hingga 2 kali lipat dibanding tahun sebelumnya,” patoknya.

Lebih dari 200 mitra e-commerce, termasuk lima top e-commerce di Indonesia, seperti Lazada, Shopee, Tokopedia, Blibli, dan Bukalapak turut berpartisipasi pada ShopFest 2018. “ShopFest 2018 juga didukung oleh Bank Mandiri sebagai Official Bank Partner, Telkomsel sebagai Official Telco Partner, dan Go-Send sebagai Official Logistic Partner,” akunya.

Tidak hanya di Indonesia, diakui Yonathan, Shopfest juga berlangsung di 7 negara di Asia Pasifik, termasuk Singapura, Malaysia, Taiwan, Thailand, Filipina, dan Australia. “Pada ajang Shopfest tahun ini, kami memberikan beragam informasi promo dan deals dari mitra serta tambahan diskon hingga 80% maupun cashback hingga 120% di setiap pembelanjaan melalui aplikasi maupun situs Shopback dan ShopFest. Kami juga menghadirkan program baru, ShopResto, berupa promo potongan harga hingga 50% di puluhan mitra restoran Shopback,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)