MIX.co.id - SketchUp dan Hush Puppies Indonesia resmi menggelar program “SketchUp Annual Design Competition 2023”, pada Oktober hingga Desember 2023. Better Brighter, pun dipilih sebagai tema kompetisi kali ini. Peserta kompetisi juga akan dibebaskan untuk berkreasi menggunakan software SketchUp dalam mendesain konsep baru offline store Hush Puppies.
Pada gelaran kompetisi kali ini, ada serangkaian kegiatan pendukung yang dihadirkan. Antara lain, kegiatan training SketchUp Day 2023, yang bertujuan untuk mengajari peserta agar dapat menghasilkan karya yang berkualitas. Selanjutnya, akan ada aanwijzing atau technical meeting yang perlu diikuti oleh seluruh peserta.
Dituturkan Direktur Utama PT Vexa Dinamika Teknologi (SketchUp Indonesia) Sarah Aisyah Kahar,“Kami ingin mendukung desainer interior lokal untuk terus mengembangkan dan menyalurkan potensi mereka. Kolaborasi ini diadakan bersama dengan Hush Puppies untuk mengapresiasi potensi tersebut.”
Lebuh jauh ia menjelaskan, SketchUp Indonesia melaksanakan kompetisi ini sebagai kegiatan tahunan dan berharap akan terus berlangsung ke depannya. “Antusiasme dari peserta selalu ada. Kolaborasi seperti ini juga kami harapkan akan lebih banyak lagi, sehingga desainer lokal memiliki wadah untuk menciptakan dan memamerkan karyanya,” ucapnya.
Pengumuman pemenang akan dilakukan pada 13 Desember 2023. Ada enam pemenang dan satu juara favorit pada kompetisi ini dengan total hadiah belasan juta rupiah. Juara 1 akan mendapatkan Rp 7.000.000, Juara 2 akan mendapatkan Rp 5.000.000, dan juara 3 akan mendapatkan Rp 3.000.000. Selain itu, akan dipilih juga juara harapan 1 dengan hadiah Rp 2.000.000, harapan 2 dengan hadiah Rp 1.500.000, dan harapan 3 dengan hadiah Rp 1.000.000. Juara favorit juga akan mendapatkan hadiah Rp 750.000.
Diluar dari hadiah tersebut, keuntungan lain yang bisa didapatkan oleh peserta adalah pelatihan secara gratis, sertifikat, dan modul pembelajaran SketchUp, Vray, dan LayOut. Selain itu, desainer juga akan mendapatkan pengakuan dan exposure karena karya yang diciptakan oleh peserta akan diunggah pada Instagram @sketchup.indonesia dan diabadikan pada kumpulan karya tahunan SketchUp Indonesia.
Konsep desain yang dibuat oleh pemenang juga berkesempatan untuk menjadi konsep baru offline store Hush Puppies Indonesia. Menariknya lagi, Hush Puppies Indonesia merupakan acuan dari Hush Puppies di seluruh dunia. Keikutsertaan pada kompetisi ini dapat menjadi loncatan yang cukup signifikan bagi desainer muda.
Raisa Akwila, Direktur PT Transmarco (Hush Puppies Indonesia), mengungkapkan, “Hush Puppies Indonesia sangat senang dengan adanya kolaborasi bersama SketchUp Indonesia. Perlu diketahui bahwa Hush Puppies Indonesia menjadi panutan dan diberikan wewenang oleh Hush Puppies Amerika untuk memberikan konsep-konsep baru. Oleh sebab itu, konsep yang diberikan oleh para peserta ini nantinya akan dilihat oleh Hush Puppies lainnya di seluruh dunia.”
Monica Suryanto, juara 2 SketchUp Annual Design Competition tahun 2022 lalu, mengaku bahwa dirinya bangga dan terbantu dengan kompetisi tahunan SketchUp Indonesia ini. Dia juga mengatakan bahwa menurutnya kompetisi ini perlu diikuti oleh desainer muda yang ingin berkembang khususnya membangun portfolio.
SketchUp merupakan salah satu software pemodelan 3D yang dirancang untuk para profesional khususnya di bidang arsitektur, sipil, pembuatan game, film, animasi, dan pemodelan lainnya. Sampai saat ini jumlah pengguna SketchUp di seluruh dunia masih sangat mendominasi. Di Indonesia sendiri, SketchUp masih menjadi software nomor satu untuk pembuatan desain arsitektur dan bidang sipil.