SleekFlow Tawarkan Solusi untuk Sentralisasi Data Sales agar Bsnis Tumbuh Berkelanjutan

MIX.co.id - Perusahaan seringkali tidak melakukan sentralisasi data sales, memanfaatkan teknologi yang kurang tepat, dan dokumentasi database masih dilakukan secara manual seperti Whatsapp pribadi dan excel. Hal itu tentu saja akan berdampak pada risiko hilangnya pelanggan potensial.

Diungkapkan Regional GM ASEAN SleekFlow Asnawi Jufrie, untuk menghindari risiko data pelanggan yang tidak tertata dengan baik itu, solusinya adalah menggunakan sentralisasi data dengan platform CRM yang mendukung konsep omnichannel. Lalu, perusahaan juga bisa menggunakan WhatsApp Business API (WABA) untuk komunikasi yang lebih tersentralisasi.

"Dengan CRM, database kontak leads akan terekam dengan aman, sedangkan pemanfaatan WABA memungkinkan tim untuk berkolaborasi hanya dengan menggunakan satu nomor saja. Misalnya, untuk satu perusahaan dapat menggunakan satu nomor untuk seluruh tim salesnya," ujarnya.

Dua klien SleekFlow, Pasima dan PaiPai Travel, mengalami permasalahan data sales yang tidak tersentralisasi hal ini kemudian berdampak pada minimnya visibilitas antar sales dengan manajemen.

Awalnya, Pasima menggunakan cara manual dimana database customer tercatat menggunakan Excel. Sampai operasional secara manual itu berdampak terhadap kurang efisiennya dalam cara menjangkau leads, misalnya kurangnya konteks dan latar belakang kebutuhan leads yang datang, dan lamanya proses untuk melayani leads.

Akhirnya, Pasima menggunakan solusi komunikasi tersentralisasi dengan pelanggannya agar pengelolaan leads bisa lebih baik. Dengan menggunakan jasa SleekFlow, Pasima juga membuat kategorisasi yang mudah untuk melayani setiap leads yang datang.

Pasima juga beralih ke WABA sehingga mereka bisa memanfaatkan satu nomor saja guna tim Sales menjangkau leads yang datang, hasilnya antar agent sales dapat memiliki transparansi dari setiap percakapan atau pertanyaan yang masuk dari leads.

Selain Pasima, ada klien SleekFlow lainnya, yakni Paipai Travel yang pernah beroperasi menggunakan satu nomor operasional yang dibagi untuk tim sales dan marketing. Cara ini membuat operasional Paipai tidak efisien, terutama ketika ada satu tim yang butuh ponselnya untuk kebutuhan operasional lainnya.

Apalagi, Paipai Travel juga memiliki kebutuhan broadcast, di mana mereka perlu melakukan upsell secara konsisten. Untuk itu, penggunaan WhatsApp Business yang biasa kurang mendukung aktivitas marketing dari Paipai travel. Sampai akhirnya, Paipai Travel memanfaatkan WABA, broadcast, dan otomatisasi dari SleekFlow. Ketiga fitur itu menjadi strategi utama Paipai Travel agar operasionalnya lebih efisien dan efektif, terutama untuk menjangkau pelanggan.

"SleekFlow, platform omnichannel social commerce, hadir dengan solusi yang memungkinkan bisnis untuk mengelola leads dengan mengintegrasikannya dengan CRM terkemuka. Lalu, WABA juga membuat proses komunikasi dengan pelanggan cukup dengan satu nomor yang tersentralisasi untuk beberapa divisi sekaligus," lanjutnya.

Solusi CRM dari SleekFlow juga memungkinkan untuk menyimpan data pelanggan seperti ulang tahun, lokasi, preferensi, hingga dapat melakukan otomatisasi customer engagement yang terpersonalisasi. Dengan demimian, data sales bisa tertata rapi, dan hubungan dengan pelanggan terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)