MIX.co.id - Studi yang dirilis platform omnichannelsocial commerce, SleekFlow, terkait consumer behaviour, mengungkapkan bahwa ada tiga pilar utama perilaku konsumen dalam berbelanja. Pertama, 83% konsumen memilih untuk window-shopping terlebih dulu secara online sebelum membeli barang. Artinya, kehadiran brand di platform online sangat penting untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.
Kedua, 72% konsumen lebih suka belanja online karena faktor harga yang lebih murah dibandingkan belanja di toko offline. Artinya, brand yang memiliki toko online dan menggunakan strategi marketing yang tepat bisa meningkatkan peluang kenaikan penjualan menjadi lebih tinggi.
Ketiga, 77% konsumen berharap mendapatkan respons cepat dari chat yang dikirim ke sebuah brand. Rata-rata, konsumen berharap pesannya dibalas dalam waktu 1-2 menit, terutama untuk bisnis yang yang membutuhkan konsultasi seperti elektronik.
Dari tiga pilar ini, SleekFlow telah membantu brand untuk mengoptimalkan strategi marketingnya, meningkatkan brand awareness secara online, hingga meningkatkan penjualan melalui Whatsapp. Tercatat, 500.000 pesan broadcast telah dikirim oleh brand untuk mendukung tiga pilar tersebut.
Dalam siaran pers yang diterima MIX, SleekFlow menegaskan bahwa lebih dari 100 brand dari berbagai sektor bisnis bergabung dengan SleekFlow sepanjang 2023, seperti health & wellness, properti, dan ritel. Deretan brand tersebut memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, mulai dari marketing untuk broadcast, otomasi marketing, hingga kebutuhan untuk customer service, seperti otomasi customer satisfaction score (CSAT) maupun frequent ask question (FAQ).
Selama 2023, SleekFlow menegaskan bahwa ada tiga kebutuhan utama dari brand, seperti Whatsapp Business API untuk kebutuhan broadcast, centang hijau, hingga otomasi Whatsapp. Termasuk, membangun platform omnichannel serta customer relationship management (CRM) dengan status SleekFlow sebagai mitra resmi WhatsApp Business Solution Provider.
Beberapa brand yang bergabung dengan SleekFlow berhasil mencatatkan kenaikan prospek penjualan hingga awareness, antara lain Pasima, marketplace jual-beli mobil, yang bisa mendapatkan leads 5 kali lebih banyak dengan Click to WhatsApp dibandingkan dengan landing page ads. Lalu, Klinik Alana yang juga mencatatkan kenaikan reservasi treatment sebanyak 2,5 kali lipat dengan menggunakan broadcast promo.
Sepanjang 2023, SleekFlow juga sudah merilis beberapa fitur baru seperti Flow Builder dan AI Inbox. Flow Builder bisa membantu brand untuk membuat alur kerja yang fleksibel. Jadi, brand bisa membuat banyak pesan otomasi seperti FAQ, pendaftaran, reservasi, dan lainnya.
Lalu, fitur AI Inbox membantu brand untuk menjawab pesan atau pertanyaan yang masuk dengan lebih cepat, serta lebih hemat waktu. AI Inbox juga menciptakan customer service hybrid antara AI dengan manusia. Dengan begitu, customer service bisa menangani kasus yang lebih kompleks, dan meminimalisir menjawab pertanyaan yang repetitif, seperti jam operasional hingga lokasi.
Sementara itu, dalam menyambut 2024, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk pengembangan bisnis secara umum, seperti pemisahan secara tegas antara media sosial sebagai media promosi dengan marketplace sebagai media bertransaksi membuat platform media sosial akan mempertajam fitur promosinya. Misalnya, Meta berencana terus mengoptimalkan iklannya seperti, Click to WhatsApp.
Lalu, loyalitas konsumen menjadi cukup penting karena beberapa platform marketplace cenderung mengurangi promo dan meningkatkan biaya admin hingga transaksi. Hal ini jelas berdampak terhadap konsumen yang sensitif terhadap harga, tapi bagus untuk melahirkan persaingan bisnis yang sehat.
Untuk itu, brand perlu membangun basis customer yang...