MIX.co.id – SUNterra, perusahaan pengembang solar panel yang berfokus pada segmen berskala kecil seperti residential dan komersial (retail, perkantoran) terus gencar mengedukasi konsumen tentang panel surya atau Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).
CEO SUNterra Fanda Soesilo menyampaikan bahwa edukasi bertujuan untuk meningkatkan awareness masyarakat tentang PLTS. Menurutnya, saat ini masih banyak konsumen yang belum faham mengenai manfaat PLTS.
“Padahal, kalau konsumen faham manfaat dan keuntungan dari PLTS, mereka pasti mau untuk memasangnya di rumah,” ujar Fanda kepada awak media di Jakarta, Selasa (9/5).
Dijelaskan, pihaknya memberi kemudahan bagi konsumen yang ingin memasang PLTS di rumahnya melalui program berlangganan atau Solar Subscription.
Program ini sama halnya seperti berlangganan internet yang pembayarannya secara bulanan. “Pada program Solar Subscription, pelanggan hanya dikenakan biaya mulai Rp 200 ribuan per bulan untuk pemasangan sistem PLTS Atap berkapasitas 1-15 kWp,” paparnya.
Banyak keuntungan yang diperoleh pelanggan dalam program Solar Subscription ini, seperti jaminan pemeliharaan dan gratis penggantian komponen yang rusak selama masa berlangganan. Maintenance dilakukan dua kali setahun oleh tim SUNterra.
Selain itu, sistem berlangganan ini tidak perlu investasi awal. Pelanggan dapat terus melanjutkan kontrak hingga 25 tahun atau melakukan pembelian keseluruhan sistem PLTS yang sudah terpasang.
Keuntungan lainnya adalah pelanggan dapat menghemat biaya listrik....