Solusi Ekosistem Blibli Dorong Transformasi Digital UMKM

Perusahaan e-commerce lokal Blibli meluncurkan program kolaborasi Galeri Indonesia x Blibli Mitra, di mana seller Usaha Mikro, Kecil, dan Menegah (UMKM) di kategori Galeri Indonesia dapat memperluas pasar melalui jaringan mitra toko kelontong yang tergabung di solusi omnichannel Blibli, yaitu Blibli Mitra.

Program merupakan wujud komitmen Blibli dalam mendukung pemerintah mendorong transformasi digital pelaku UMKM yang sejalan dengan Gerakan Nasional “Bangga Buatan Indonesia” agar masyarakat semakin mudah memperoleh produk lokal baik secara online dan offline.

“Blibli secara konsisten mewujudkan komitmen untuk meningkatkan keterampilan dan daya saing UMKM secara terpadu dan menyeluruh, salah satunya dengan memperluas akses pasar bagi pelaku UMKM melalui solusi omnichannel kami, agar mereka dapat menghadapi tantangan juga berkembang melalui pemanfaatan teknologi digital,” kata  CEO Blibli, Kusumo Martanto dalam rilis yang diterima redaksi, Jumat (16/7), di Jakarta.

Saat ini, sudah terdapat lebih dari 45 ribu mitra toko kelontong yang bergabung dengan Blibli Mitra yang ada di seluruh Indonesia.

Dengan semakin banyaknya produk UMKM yang tersebar di pasar secara omnichannel, tuturnya, akan semakin banyak pula masyarakat yang membeli produk tersebut, maka seller UMKM dan pengusaha toko kelontong pun akan bisa meningkatkan bisnisnya.

“Hal ini diharapkan dapat mendorong kelancaran aktivitas ritel di tingkat mikro yang bisa menopang pemulihan perekonomian nasional,” imbuh Kusumo.

Kementerian Koperasi dan UKM RI menyambut baik kehadiran program yang dapat mendukung pelaku UMKM yang kini berjumlah 64,2 juta di Indonesia.

Menurut Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki, UMKM memberikan kontribusi yang besar, mencapai 61,07% dari total PDB atau Rp8.573 triliun dan hanya 16% yang menggunakan e-commerce untuk memasarkan produk.

“Oleh karena itu digitalisasi UMKM perlu terus didorong. Dengan begitu, mereka bisa mendapatkan kesempatan naik kelas,” ujarnya.

Program kolaborasi antar ekosistem suatu platform digital turut diapresiasi oleh SMESCO Indonesia, lembaga di bawah Kementerian Koperasi dan UKM RI yang bertugas membantu akses pemasaran bagi usaha kecil dan menengah.

Omnichannel menjadi solusi nilai tambah bagi pelaku UMKM untuk memperluas pasar karena dapat memanfaatkan platform online sekaligus keberadaan di toko offline. “Kami akan mendorong UMKM binaan SMESCO untuk terlibat dalam program Galeri Indonesia x Blibli Mitra ini untuk meningkatkan penjualan UMKM serta menambah diversifikasi produk toko kelontong yang ada di Blibli Mitra,” ungkap Leonard Theosabrata, Direktur Utama SMESCO Indonesia.

Hadirnya produk lokal dari Galeri Indonesia sebagai stok barang dagangan di Blibli Mitra juga disambut dengan semangat oleh pemilik toko kelontong. Diakui Charisma, pemilik Toko Barokah sekaligus mitra pedagang Blibli Mitra, dapat mengakses produk lokal di Blibli membantu memperluas varian produk yang bisa ditawarkan ke pembeli.

“Semua ini tentunya dapat dilakukan dengan mudah dengan akses ke aplikasi, sekaligus pengiriman yang lebih cepat,” tandas Charisma. ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)