Sponsorship #ForChange, Cara Baru Salurkan Invetasi CSR Perusahaan

Belakangan ini investasi dengan dampak sosial berkelanjutan – dikenal dengan istilah impact investment - semakin diminati investor. Laporan Angel Investment Network Indonesia (ANGIN) pada Oktober 2020 menyebutkan, ekosistem investasi berdampak di Indonesia meraih partisipasi 66 impact investor.

Selain itu, 62,6 persen dari 107 investor konvensional mulai melirik skema investasi ini lantaran ditunjang dengan pemanfaatan teknologi digital yang turut mempengaruhi cara masyarakat melakukan kegiatan sosial.

Campaign.com menghadirkan konsep sponsor bagi organisasi untuk ikut ambil bagian dalam perubahan sosial dan mendukung impact investment di Indonesia melalui aplikasi Campaign #ForChange.

Founder dan CEO Campaign.com William Gondokusumo menjelaskan, setiap calon sponsor yang ingin mendukung dapat memilih organizer dan kampanye sosial yang selaras dengan misi sosial masing-masing.

Sejak diluncurkan tahun 2018, aplikasi Campaign #ForChange mengumpulkan lebih dari 192.000 aksi dari para supporters dan menggaet lebih dari 265 organizer kampanye sosial, termasuk total Rp 1,23 miliar donasi telah disalurkan oleh para sponsor kepada organizer kampanye sosial dari seluruh Indonesia.

Total dari donasi yang diberikan oleh sponsor, akan disalurkan 95 persen untuk mendukung kampanye sosial oleh organizer tersebut.

Tak hanya itu, katanya, donasi tersebut hanya bisa dicairkan (unlock) setelah sejumlah tantangan sosial (challenge) berhasil diselesaikan oleh para suporter di aplikasi Campaign #ForChange.

“Artinya, keterlibatan seluruh pihak sangatlah penting untuk menciptakan dampak sosial bagi penerima manfaat. Kami juga menekankan pada transparansi penggunaan donasi dari sisi internal maupun organizer kampanye sosialnya,” papar William pada acara “Online Media Session of Sponsorship #ForChange Kick-Off” pada Kamis (29/4), di Jakarta.

Ia menambahkan, aplikasi Campaign #ForChange yang dianugerahi Best App For Good versi Google Play 2020.

Direktur merangkap Sekretaris Perusahaan PT Maskapai Reasuransi Indonesia Tbk. (“Marein”) Tamara Arista Salim yang hadir dalam acara mengungkapkan, pada masa pandemi Covid-19, salah satu tantangan bagi perusahaan adalah bagaimana tetap menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR) yang berkelanjutan dengan akses yang mudah dan cepat.

“Adanya Campaign #ForChange sebagai penghubung dan dengan konsep sponsor yang ditawarkan, menjadi alternatif solusi bagi kami untuk menjalankan program CSR tanpa harus terjun langsung ke lapangan, namun tetap dapat memantau penggunaan donasi yang diberikan,” tutur Tamara.

Pendapat senada disampaikan Unggul Ananta selaku CEO Olahkarsa. “Saya rasa dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, serta memilih mitra yang kredibel kita dapat mulai terlibat dalam skema investasi berdampak sosial,” ucapnya.

Donasi yang terkumpul dari aksi para suporter akan disalurkan kepada organizer melalui Yayasan Dunia Lebih Baik (YDLB).

Campaign.com mengajak perusahaan, Lembaga Swadaya Masyarakat, maupun lembaga pemerintah untuk mendukung kampanye sosial di bidang pendidikan, lingkungan, kesehatan, dan kesetaraan. ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)