MIX.co.id – Merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-79, Starbucks mengajak pelanggan setianya bernostalgia dengan warisan budaya nusantara Indonesia yang mulai pudar dan ‘terlupakan’ akibat tergerus perkembangan jaman.
Diakui oleh Liryawati, Chief Operations Officer PT Sari Coffee Indonesia, pemegang lisensi resmi merek Starbucks di Indonesia, berbagai jenis permainan tradisional seperti bermain congklak, kini telah jarang dimainkan oleh anak-anak, tergantikan oleh gawai atau gadget.
Bertolak dari hal tersebut, Starbukcs ingin menghadirkan kembali kegembiraan dan kebanggaan sebagai orang Indonesia akan warisan budaya melalui kampanye “Satu Nusa Berbahagia."
“Bernostalgia bersama warisan budaya Tanah Air inilah menjadi konsep penting yang membuat Starbucks mengusung tema ‘Satu Nusa Berbahagia’ untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-79," ujar Liryawati dalam keterangan pers, Kamis (22/8), di Jakarta.
Perubahan zaman, kata Astrid Tanggara, Marketing Director PT Sari Coffee Indonesia menimpali, tak dapat dihindari dan perkembangan teknologi menggeser popularitas permainan tradisional yang dulu dimainkan oleh generasi orang tua dulu.
Namun, permainan seperti congklak, egrang dan Wak Wak Gung memiliki filosofi yang mendalam pembentukan karakter seperti toleransi, bekerja sama dalam tim, saling menghargai dan tentunya membuat orang yang bermain menjadi bahagia.
"Sebagai merek yang berfokus pada manusia sebagai salah satu pilarnya, Starbucks ingin mengajak semua orang untuk mengingat kembali masa-masa bahagia lewat desain permainan tradisional pada merchandise, serta makanan dan minuman yang terinspirasi dari cita rasa Indonesia," tutur Astrid.
Warisan budaya Indonesia yang kaya menginspirasi Starbucks untuk menghadirkan makanan, minuman, merchandise hingga desain Starbucks Card untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia tahun ini.
Rangkaian minuman Iced Creamy Unti Latte dan Merah Putih Cream Frappuccino® dan makanan Pandan Unti Soft Bun, Merah Putih Croissant dan Pandan Basque Cheesecake bukan hanya sekadar makanan dan minuman, tapi juga sebuah penghormatan terhadap kekayaan kuliner Indonesia.
Sementara itu desain merchandise dan Starbucks Card menggoreskan ilustrasi permainan tradisional Indonesia yang merupakan bagian integral dari kekayaan budaya bangsa yang sudah diwariskan dari generasi ke generasi, seperti egrang, congklak dan permainan Wak Wak Gung.
Semua koleksi merchandise serta makanan dan minuman ini sudah bisa didapatkan di seluruh gerai Starbucks di Tanah Air mulai tanggal 12 Agustus 2024. ()