Strategi Lintas Channel Dongkrak Tingkat Konversi Hingga 31%

MIX.co.id – CleverTap, platform engagement all-in-one, merilis laporan penelitian pasar teranyar bertajuk ‘Unraveling the Cross-Channel Marketing Strategy.’

Laporan ini meneliti lebih dari 600 perusahaan di dunia dan mengamati faktor-faktor yang bisa mempengaruhi atau membentuk strategi omni-channel seperti fase pertumbuhan bisnis, nuansa geografis, dinamika industri, pencapaian gaya hidup pelanggan, dan retensi pengguna.

Strategi lintas channel bisnis melibatkan pemilihan jumlah channel yang benar dan campuran yang tepat, sementara indikator kunci tahap pertumbuhan satu perusahaan adalah jumlah pengguna aktif bulanan.

Hasil penelitian CleverTap terungkap bahwa perusahaan mengalami peningkatan signifikan tingkat konversi dengan menggunakan empat atau lebih channel sebagai bagian dari strategi omni-channel mereka.

Meskipun email tetap dominan di pasar-pasar seperti Amerika Serikat dan Inggris, SMS masih memiliki pengaruh yang signifikan di wilayah-wilayah seperti China dan Amerika Serikat, dan WhatsApp muncul dengan kekuatan besar di Amerika Selatan dan Asia.

Laporan ini menemukan bahwa mengadopsi strategi marketing omni-channel memengaruhi beberapa area kunci, seperti engagement, app stickiness, tingkat konversi, dan tingkat orientasi.

Dalam hal engagement, terjadi peningkatan sebesar 23% di platform Fintech dengan email, push notification dan pesan dalam aplikasi; peningkatan sebesar 16% untuk platform berlangganan dengan email, dan menggabungkannya dengan channel lain bisa melebihi 20%. Sementara dalam platform Gaming dengan gabungan dari email, push-notification, pesan dalam aplikasi, dan inbox aplikasi mampu meningkatkan engagement sebesar 13%.

Terkait konversi, terjadi peningkatan tingkat konversi hingga 31% di aplikasi Fintech, di mana email, push notification, dan pesan dalam aplikasi menjadi sangat penting, sedangkan di aplikasi berlangganan dari push notification dan pesan dalam aplikasi, peningkatan konversinya sebesar 16%.

Kemudian, peningkatan konversi sebesar 10% dialami di industri Gaming dari push notifications dan pesan dalam aplikasi, serta peningkatan konversi sebesar 6% di e-commerce sebagai hasil dari strategi lintas channel yang menggabungkan in-app, app inbox, email dan push notifications.

Pada app-stickiness, juga mengalami peningkatan lebih dari 28% untuk platform Fintech dengan lebih dari tiga channel, dan peningkatan sebesar 30%-70% di platform berlangganan, seperti platform streaming atau belanja kebutuhan rumah tangga dengan 2-4 channel.

Peningkatan stickiness dalam platform gaming sebesar 32% dengan lebih dari tiga channel dan platform e-commerce yang juga meningkat sebesar 26% dengan lebih dari tiga channel.

Joe Harahap, Country Manager Indonesia, CleverTap menangapi laporan tersebut menegaskan, dengan memanfaatkan sejumlah channel secara strategis, perusahaan bisa meningkatkan upaya engagement mereka secara signifikan.

“Laporan terbaru kami menyoroti kebutuhan yang sangat penting akan pendekatan holistik supaya dapat sepenuhnya mendorong hasil yang memberikan dampak,” ujarnya dalam keterangan pers yang diterima redaksi di Jakarta, Kamis (15/8).

Menurutnya, temuan ini menunjukkan bahwa teknologi MarTech yang lengkap dan komprehensif sangat penting untuk marketer yang harus menavigasi kompleksitas channel yang berbeda.

“Pendekatan ini tidak hanya menjawab beberapa tantangan namun juga memperkuat engagement dan efektivitas secara menyeluruh, memastikan bahwa tidak ada touchpoint pelanggan yang diabaikan dan setiap interaksi dioptimalkan untuk mencapai kesuksesan,” tandas Joe. ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)