News Trend

STRATEGI MEMAHAMI RESPONS KONSUMEN MELALUI ELM

 ELM yang dikembangkan oleh Petty dan Cacioppo membantu menjelaskan bagaimana proses persuasi bekerja dalam konteks motivasi dan keterlibatan audiens. Menurut ELM, proses persuasi terjadi melalui dua jalur: jalur sentral dan jalur periferal.

Jalur sentral digunakan ketika individu memiliki keterlibatan tinggi terhadap topik dan siap memproses informasi secara mendalam melalui argumen yang kuat dan logis. Sebaliknya, ketika keterlibatan rendah, individu cenderung menggunakan jalur periferal yang bergantung pada isyarat sederhana atau penanda heuristik, seperti kredibilitas sumber atau daya tarik visual pesan (Petty & Cacioppo, 1986; Petty, Cacioppo, & Goldman, 1981).

Dalam pemasaran, ELM sering digunakan untuk memahami bagaimana konsumen merespons iklan dan pesan media massa. Penelitian menunjukkan bahwa ketika konsumen memiliki keterlibatan tinggi terhadap produk atau pesan, mereka cenderung menggunakan pemrosesan rasional melalui jalur sentral.

Sebaliknya, ketika keterlibatan rendah, konsumen lebih bergantung pada jalur periferal, misalnya dengan mempertimbangkan kredibilitas sumber atau daya tarik visual dari iklan tersebut (Cho, 1999; Lord et al., 1995). Penerapan ELM juga telah meluas pada teknologi informasi, seperti dalam studi adopsi sistem manajemen dokumen di organisasi besar (Bhattacherjee & Sanford, 2006) dan penerimaan sistem pencatatan kesehatan elektronik (Angst & Agarwal, 2009).

Dalam konteks pemasaran digital dan media sosial, ELM juga diterapkan untuk memahami pengaruh ulasan pelanggan dan eWOM (electronic Word of Mouth). Studi menunjukkan bahwa kredibilitas sumber dalam eWOM dapat berfungsi baik sebagai petunjuk periferal maupun variabel mediasi yang memengaruhi respons konsumen (Ismagilova, Dwivedi, & Rana, 2021; Putra & Suprapti, 2020). Kredibilitas sumber yang tinggi sering kali memperkuat pengaruh eWOM dalam mempengaruhi sikap dan keputusan konsumen terhadap merek.

ELM juga menjelaskan pentingnya daya tarik pesan. Daya tarik pesan dapat berbentuk rasional atau emosional, yang masing-masing memiliki pengaruh berbeda tergantung pada tingkat keterlibatan konsumen.

Pesan dengan daya tarik rasional lebih efektif ketika konsumen memiliki keterlibatan tinggi, sementara daya tarik emosional cenderung lebih efektif dalam menarik perhatian pada konteks keterlibatan rendah, seperti pada media sosial (Kotler, 2009; Wu & Wang, 2011). Melalui penerapan ELM, perusahaan dapat merancang pesan yang lebih efektif dengan menyesuaikan pendekatan komunikasi mereka berdasarkan tingkat keterlibatan audiens.

REFERENSI

Angst, C. M., & Agarwal, R. (2009). Adoption of electronic health records in the presence of privacy concerns: The elaboration likelihood model and individual persuasion. MIS Quarterly, 33(2), 339–370.

Bhattacherjee, A., & Sanford, C. (2006). Influence processes for information technology acceptance: An elaboration likelihood model. MIS Quarterly, 30(4), 805–825.

Cho, C.-H. (1999). How advertising works on the www: Modified elaboration likelihood model. Journal of Current Issues and Research in Advertising, 21(1), 34–50.

Page: 1 2 3

Edhy Aruman

Edhy Aruman - Wartawan Utama (2868-PWI/WU/DP/VI/2012...), pernah menjadi redaktur di majalah SWA. Sebelum di Swa, Aruman pernah meniti karier kewartawanan di harian Jawa Pos, Berita Buana, majalah Prospek, Harian Republika dan editor eksekutif di Liputan 6 SCTV, sebelum pindah ke SWA (http://www.detik.com/berita/199902/990212-1319.html). Lulus S3 Komunikasi IPB, Redaktur Senior Majalah MIX, dosen PR FISIP UI, dosen riset STIKOM LSPR Jakarta, dan salah satu ketua BPP Perhumas periode 2011-2014.

Recent Posts

Jelang Natal 2024, AirAsia MOVE Hadirkan Paket SNAP

MIX.co.id - Jelang Natal tahun ini, AirAsia MOVE merangkum tiga destinasi perayaan Natal di lintas…

11 hours ago

Peran Tim Corsec KSP dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Kawasan Industri Krakatau

MIX.co.id - Bagi korporasi, Corporate Secretary (corsec) memiliki peran yang sangat vital. Sejatinya, corsec menjadi…

12 hours ago

Mega Insurance – MSIG Indonesia Luncurkan Produk Asuransi Perjalanan M-Assist

MIX.co.id – PT Asuransi Umum Mega (Mega Insurance) menjalin kerja sama strategis dengan PT Asuransi…

1 day ago

Snapcart Ungkap Live Shopping Jadi Kanal Penjualan yang Paling Diminati di eCommerce

MIX.co.id - Snapcart merilis laporan terbarunya, “Marketplace Pilihan UMKM: Pengalaman Berjualan Terbaik”. Laporan tersebut juga…

1 day ago

IMBEX 2024 Digelar di JCC Senayan, 29 November – 1 Desember

MIX.co.id – PT Reed Exhibitions Indonesia (RX Indonesia) kembali menggelar pameran Indonesia Maternity, Baby and…

1 day ago

Kabupaten Kendal Luncurkan Batik Bermotif Kendil Emas

MIX.co.id - Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, resmi merilis batik Kendil Emas, pada hari ini (20/11),…

1 day ago