Strategi Memanfaatkan Pinterest untuk Brand Campaign

Dalam artikelnya yang berjudul “How to be a Pinterest Marketing Pro”, Elizabeth Jones mengungkapkan bahwa Facebook dan Twitter merupakan sarana yang baik untuk mempromosikan website Anda ke pada para konsumen. Namun demikian, Jones mengungkapkan bahwa jejaring sosial visual terbaik yang dapat membantu brand Anda agar dapat diketahui oleh konsumen potensial adalah Pinterest. Jejaring sosial Pinterest memiliki 250 juta pengunjung setiap bulannya, sehingga Anda melakukan kesalahan bila memutuskan untuk tidak memanfaatkannya guna mempromosikan brand Anda. Berikut ini beberapa tips yang diberikan oleh Jones bagi para marketers yang baru ingin terjun ke dalam jejaring sosial Pinterest:

pinterest-logo- Buatlah “pin boards”: Ketika sedang membuat board Pinterest Anda, pikirkan hal menarik bagi Anda yang kira-kira juga dapat dipersepsikan menarik juga oleh target audiens Anda. Anda perlu membuat beberapa boards dengan kategori-kategori berbeda. Ketika membuat judul kategori di tiap board, Anda tidak perlu mengikuti basic titles yang disarankan oleh Pinterest (Home, Food, Clothes, dan sebagainya). Sebaliknya, buatlah nama boards tersebut sekreatif mungkin, namun tetap bersifat deskriptif sehingga para pengguna Pinterest dapat menemukan konten-konten Anda.

- Mulailah “Pinning”: Salah satu fitur terbaik pinning di Pinterest adalah sebuah link akan secara otomatis tertaut dengan situs yang menampilkan foto ter-pin itu. Contohnya, jika Anda mem-pin gambar produk dari suatu brand dan meng-klik gambar tersebut, Anda akan secara langsung di arahkan ke situs brand tersebut. Prinsip yang sama juga terjadi ketika Anda mem-pin foto-foto dari website atau blog pribadi Anda. Dengan mem-pin setiap postingan di Pinterest, Anda dapat secara efektif meningkatkan traffiic website atau blog Anda.

- Pin Smart: Selalu mem-pin infografis yang relevan, produk yang baik, artikel berita yang menarik dan sebagainya di dalam board Pinterest Anda. Jika Anda menemukan konten-konten yang berkaitan dengan target audiens Anda, maka jangan ragu untuk mem-pin-nya. Anda akan terkejut dengan bagaimana para pengguna Pinterest lainnya akan mulai berinteraksi dengan Anda, mengunjungi website atau blog serta me-repin konten Anda.

- Unduh tombol “Pin It”: Anda akan terbiasa untuk mem-pin konten bila menggunakan fitur “Pin It” yang dapat di download untuk toolbar Anda. Fitur ini memudahkan Anda untuk mem-pin sepanjang harinya sehingga konten Anda pun sering ter-update.

- Unduh “ Tailwind Extension” : Cara paling cerdas untuk menjadwalkan pin di dalam Pinterest adalah menggunakan Tailwind Extension. Anda dapat menghemat waktu dengan cara menjadwalkan beberapa pin sekaligus, mengukur kesuksesan Anda di Pitnerest dan melacak repins, likes, comments dan traffic data. Selain itu, fitur ini juga membantu Anda untuk mengetahui apa yang dikatakan oleh para pelanggan tentang bisnis serta memonitor produk, kampanye, serta kompetitor Anda.

- Tingkatkan Audiens Anda: Anda dapat mempromosikan broad Pinterest melalui jejaring sosial media lainnya dengan cara memasukkan sebuah link menuju boards ketika Anda men-tweet atau memperbarui status Twitter atau Facebook. Cara ini dapat meningkatkan audiens Pinterest Anda. Namun, Anda perlu memperhatikan seberapa sering Anda mem-posting konten. Jika Anda tidak membuat cukup banyak postingan, minat followers Anda dapat saja hilang.Di sisi lain jika Anda mem-post terlalu banyak, para followers Anda juga akan merasa terganggu.

- Berinteraksi di Pinterest: Salah satu cara terbaik untuk berinteraksi dengan pengguna Pinterest lainnya yang juga merupakan klien terkini ataupun klien potensial adalah dengan memilih untuk mem-follow seorang pengguna, berkomentar di dalam salah satu pin mereka, memberikan like, atau repin foto mereka ke dalam boards Anda. Semakin interaktif Anda, semakin banyak pula pengguna Pinterest yang mulai berinteraksi dengan pin di board Anda.

- Biarkan pengguna lain mempromosikan Anda: Cara hebat lainnya untuk dapat ditemukan oleh pengguna lain di Pinterest adalah dengan memanfaatkan pengunjung website Anda. Doronglah mereka untuk yang mem­pin konten website Anda yang mereka sukai ke akun Pinterest mereka. Oleh sebab itu, pasanglah tombol “Pin It” di sepajang halaman dan postingan blog di website Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)