Strategi Mister Aladin Garap Segmen Traveler

Industri travel di Indonesia makin menjanjikan. Data ShopBack mencatat, volume pemesanan online travel menunjukkan pertumbuhan yang signifikan di tahun 2018, yakni mencapai 260%. Pertumbuhan ini dirasakan juga oleh Mister Aladin, perusahaan travel online milik MNC Group. Terbukti, revenue Mister Aladin hingga kuartal ketiga 2019 dibandingkan tahun sebelumnya, mampu bertumbuh 2,5 kali lipat.

Bahkan, data Mister Aladin pada kuartal keempat 2018 menunjukkan, pemesanan hotel di Bangkok meningkat sebesar 54%, Kuala Lumpur 48%, dan Penang 40% dibandingkan kuartal ketiga di tahun yang sama. Tidak hanya Asia, semakin banyak pula orang yang memesan hotel di Eropa dan peningkatannya mencapai 2,3 kali lipat pada akhir tahun 2018 lalu.

Berangkat dari pertumbuhan itu, Mister Aladin optimis jumlah revenue hingga akhir tahun 2019 nanti akan mencapai 3 kali lipat dibanding tahun 2018 lalu. Salah satu strategi untuk mencapai target tersebut adalah dengan menggelar kembali program travel fair yang menyasar segmen traveler. Mengingat, pertumbuhan signifikan terjadi juga di program travel fair yang dihelat Mister Aladin. Tahun lalu misalnya, Mister Aladin mampu mencapai 100% target transaksi dan pengunjung di program travel fair.

Dikatakan Nitha Sudewo, Chief Operating Officer Mister Aladin, pada hari ini (3/10) di Jakarta, "Tahun lalu, travel fair yang kami gelar mencapai target transaksi dan pengunjung yang telah kami tetapkan. Untuk itu, tahun ini, Mister Aladin kembali mengadakan travel fair untuk ketiga kalinya, Mister Aladin Travel Carnival pada 30 September-6 Oktober 2019."

Program "Mister Aladin Travel Carnival" kali ini dibagi menjadi dua sesi, yakni sesi online di aplikasi Mister Aladin pada 30 September-6 Oktober dan sesi offline pada 3-6 Oktober di Grand Atrium Mal Kota Kasablanka. Program ini juga menjadi ajang peluncuran resmi fitur Pesawat Internasional dan Kereta Api di Mister Aladin.

Diakui Nitha, Mister Aladin melihat peningkatan jumlah wisatawan yang pergi ke luar negeri dan ke beberapa destinasi di Pulau Jawa adalah sebuah potensi yang perlu diakomodasi. Inilah yang menjadi alasan peluncuran fitur Pesawat Internasional dan Kereta Api secara resmi dalam acara Mister Aladin Travel Carnival.

"Kenaikan penjualan tiket kereta di Mister Aladin sudah terlihat sejak soft launching pada April 2018. Penjualan tiket kereta di Mister Aladin mengalami peningkatan secara konstan, yaitu sebesar 30% per kuartal, atau tumbuh 5 kali lipat sejak diluncurkan hingga Juli 2019," lanjutnya.

Lebih jauh ia menjelaskan, Mister Aladin Travel Carnival sesi offline dimeriahkan dengan beragam promo fantastis untuk semua produk, kesempatan liburan gratis, talk show bersama selebritas dan travel vlogger, serta masih banyak lagi.

Sementara itu, selama sesi online berlangsung, pelanggan seluruh Indonesia bisa memperoleh diskon hotel hingga 50% pada saat Happy Hour, diskon kereta api, pesawat, aktivitas hingga 20%, dan promo spesial dari MNC Bank, Bank Mandiri, UOB, dan OCBC NISP. "Mereka juga berkesempatan memutar Wheel of Fortune berhadiah voucher diskon. Semua promo sesi online dapat diperoleh hanya di aplikasi Mister Aladin," tambahnya.

Khusus di Grand Atrium Mal Kota Kasablanka, customer bisa menikmati banyak promo spesial, antara lain lelang produk mulai Rp10.000, Kejutan 99 Ribu, hingga kesempatan liburan gratis pada sesi Traveler Dadakan yang sudah jadi trademark Mister Aladin Travel Carnival. "Kami berharap terjadi kenaikan transaksi dan pengunjung sebanyak lima kali lipat pada travel fair tahun ini," tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)