Strategi Rucika Kuasai Pasar Pipa Plastik

Potensi pasar produk pipa plastik (PVC) di Tanah Air masih tercatat sangat besar. Terbukti, antara demand dan supply terhadap produk pipa plastik, jumlah demand masih lebih tinggi. Indikasinya, saat ini layanan air bersih di Indonesia tidak lebih dari 50%. Sejatinya, layanan air bersih sejalan dengan sistem perpipaan yang notabene menggunakan pipa plastik.

“Itu artinya, sisa 50% dari layanan air bersih di Indonesia menjadi peluang market yang sangat menjanjikan bagi para produsen pipa plastik, baik perusahaan lokal maupun luar negeri,” ungkap Putra Wijaya, Commercial & Communications Support Senior Manager PT Wahana Duta Jaya Rucika tentang potensi bisnis di industri pipa plastik.

Di tengah persaingan para pemain pipa plastik, PT Wahana Duta Jaya Rucika tercatat sebagai market leader, dengan pangsa pasar sektiar 40%. Kendati telah menempati posisi market leader, PT Wahana Duta Jaya Rucika tak berpuas diri. Sejumlah strategi pun dilancarkan guna mempertahankan posisi market leader sekaligus memperluas pasar.

Kolobarasi atau kemitraan strategis pun menjadi strategi yang dipilih PT Wahana Duta Jaya Rucika. Setelah menggandeng Wavin--merek asal Belanda—dengan menjadi merek Rucika Wavin, awal tahun 2018 ini PT Wahana Duta Jaya Rucika kembali melancarkan strategi serupa. Tak tanggung-tanggung, tiga mitra baru digandeng sekaligus, yakni Ke Kelit dari Eropa serta Maezawa dan Mitsubishi dari Jepang.

Bertepatan dengan kemitraan tersebut, PT Wahana Duta Jaya Rucika melakukan re-branding dari yang awalnya mengusung merek Rucika Wavin menjadi Rucika. Dengan langkah re-branding itu, lanjut Putra, maka merek utama yang akan dipakai oleh produk-produk pipa plastik PT Wahana Duta Jaya Rucika adalah Rucika.

Diakuinya, re-branding itu dilakukan untuk memberikan keleluasaan dari semua bisnis perusahaan, baik penambahan produk, pembaruan teknologi, perluasan teritori atau distribusi, hingga kolaborasi dengan partner baru lainnya. “Tidak tertutup kemungkinan, kami akan menambah partner baru kami ke depannya,” terang Putra.

Bersamaan dengan re-branding, perusahaan yang telah lebih dari 40 tahun malang-melintang di bisnis pipa plastik tersebut juga mengedepankan Solusi Total Sistem Perpipaan sebagai salah satu added value-nya. Dipaparkan Putra, dengan Solusi Total Sistem Perpipaan, PT Wahana Duta Jaya Rucika tidak hanya menyediakan produk pipa plastik dengan merek Rucika. Namun, perusahaan juga menawarkan solusi nyata demi memenuhi kebutuhan sistem perpipaan yang terlengkap dan berkualitas.

“Melalui solusi ini, kami memberikan layanan mulai dari perencanaan, proses pemasangan pipa dimana tim Rucika akan men-supervisi, hingga layanan pasca pemasangan atau after sales service. Langkah-langkah ini demi mewujudkan visi kami untuk mengaliri air kepada masyarakat dalam setiap sendi kehidupan. Termasuk, untuk mewujudkan misi perusahaan untuk menjadi produsen yang handal dan mengedepankan mutu dalam pelayanan,” ia menguraikan.

Dengan melancarkan strategi itu, Putra mematok kenaikan penjualan Rucika dapat mencapai double digit dalam lima tahun ke depan. “Tentu saja, tercapainya target tersebut tidak hanya ditentukan dari strategi bisnis perusahaan, tetapi juga dari kondisi perekonomian Indonesia,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)