Strategi Tob Insurance Masuki Pasar Asuransi Umum

Baru dirilis pada Januari 2019 lalu, PT Asuransi Total Bersama (Tob Insurance), perusahaan yang bergerak di bidang asuransi umum, sudah mampu mencetak premi senilai Rp 70 miliar hingga Juli 2019. Sementara itu, total pemegang polis yang berhasil dihimpun pada kurun waktu tersebut lebih dari 320 polis.

Diungkapkan Rudy Gunawan, Presiden Direktur PT Asuransi Total Bersama, mayoritas premi dan pemegang polis Tob Insurance berasal dari segmen otomotif, yakni sebesar 90%. Lantaran, segmen otomotif adalah captive market, dimana para pemegang saham Tob Insurance berasal dari industri otomotif.

Dari total premi yang kami dapat hingga Juli 2019, 90% berasla dari leasing kendaraan bermotor, baik kendaraan roda dua maupun roda tiga. Selanjutnya, diikuti dari bisnis langsung 6%, agen 5%, dan broker 4%. Ke depan, kami akan kembangkan produk lain, sehingga captive market kami bisa turun ke 83%,” patok Rudy.

Berangkat dari respon positif pasar pada satu semester pertama 2019, Tob Insurance pun menargetkan pendapatan premi senilai Rp 150 miliar pada akhri tahun ini. Bahkan, pada 2020, Tob Insurance mematok target premi yang cukup berani, Rp 350 miliar atau tumbuh lebih dari dua kali lipat.

Diterangkan Rudy, saat ini Tob Insurance telah memasarkan 11 produk asuransi melalui 18 kantor pemasaran yang tersebar di beberapa kota di Indonesia. Adapun produk Tob Insurance meliputi Asuransi Kendaraan Bermotor, Asuransi Kecelakaan Diri, Asuransi Kebakaran dan Harta Benda, Asuransi Pengangkutan, dan produk asuransi lainnya seperti Asuransi Uang dan Asuransi Rekayasa.

"Dalam waktu dekat kami akan menambah satu kantor lagi. Sehingga menjadi 19 kantor pemasaran dan 1 head office," ujarnya.

Guna mencapai target tersebut, sejumlah strategi siap dilancarkan Tob Insurance. Di antaranya, dengan mengedepankan layanan berbasis digital. Ditambahkan Diana Tjandra Gunawan, Direktur Teknik Tob Insurance, “Sejak awal pendirian Tob Insurance, layanan berbasis teknologi menjadi salah satu fokus perusahaan. Untuk itu, saat ini Tob Insurance secara terus menerus melakukan pengembangan pada aplikasi dan sistem, baik untuk internal maupun eksternal guna mencapai pangsa pasar yang seluas-luasnya dan meningkatkan pelayanan kepada nasabah.”

Selain melalui aplikasi digital, ditambahkan Rudy, Tob Insurance juga akan menggunakan media konvensional untuk membangun brand awareness untuk pasar di daerah. “Kami juga melakukan pendekatan melalui dealer dengan mengedukasi mereka terkait literasi asuransi,” lanjut Rudy.

Tob Insurance juga terus mendukung literasi akan pentingnya berasuransi kepada masyarakat melalui pembagian polis Asuransi Kecelakaan Diri dengan total nilai pertanggungan mencapai Rp 2,5 miliar secara gratis kepada 100 wartawan dan 10 nasabah terpilih dari  Tob Insurance dengan total nilai pertanggungan Rp 250 juta. Tob Insurance juga menggelar program Corporate Social Responsibility (CSR) kepada panti asuhan dan yayasan anak jalanan dengan memberikan bantuan uang tunai total senilai Rp 15 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)