Strategi Tri Memenuhi Gaya Hidup Milenial

Satu dekade hadir di Indonesia, 3 (Tri)—salah satu penyedia layanan internet di Indonesia—tampak agresif menyasar pasar milenial. Cukup dimaklumi, mengingat 80% dari 56,8 juta pelanggan Tri adalah generasi milenial. “Untuk itu, kami merasa perlu menjawab kebutuhan milenial dengan memahami perilaku dan gaya hidup mereka,” ujar Dolly Susanto, Chief Commercial Officer Tri Indonesia. Dijelaskannya, generasi milenial pengguna Tri dapat dibagi dalam dua segmen. Yakni, segmen Always On, yakni milenial yang merupakan pengguna paket Always On dari Tri. Pelanggan tersebut dicirikan dengan mereka yang suka kenyamanan dan bukan pengguna kuota data yang besar. “Sebab, paket Always On yang telah diluncurkan Tri sejak 2012 memang menawarkan pilihan masa tenggat kuota yang cukup panjang,” ia menegaskan. Sementara itu, segmen yang kedua adalah Get More. Ciri dari segmen Get More adalah milenial yang suka berinternetan sekaligus pengguna kuota data yang besar. Sebab, paket Get More yang diluncurkan Tri pada akhir 2015 lalu memang menawarkan tambahan kuota di setiap isi ulangnya. “Dari kedua segmen tersebut, pelanggan Always On memang jauh lebih besar, yakni 30 juta. Sisanya adalah milenial Get More,” tutur Dolly yang menyebutkan bahwa pelanggan milenial Tri mengalami peningkatan konsumsi data, yakni dari 1,5 GB per bulan menajdi 3,4 GB per bulan. Awal tahun ini, tepatnya hari ini (24/1), Tri kembali memenuhi kebutuhan pelanggan milenialnya dengan meluncurkan program “Isi Ulang Enjoy”. Program tersebut, ditambahkan Dolly, untuk menjawab kebutuhan para milenial yang selalu ingin memiliki konektivitas tinggi. “Cukup dengan melakukan isi ulang Rp 5.000, secara otomatis para milenial akan mendapatkan berbagai kejutan. Mulai dari pulsa, SMS, menit telepon, hingga kuota,” paparnya. Bersamaan dengan peluncuran program tersebut, Tri juga meluncurkan empat karakter Bonstri—yang mencerminkan milenial. Pertama adalah karakter Emot yang menggambarkan Bonstri yang lugu dan terkadang suka ceroboh. Pelanggan yang memperoleh karakter Emot berhak mendapatkan 10 poin. Selanjutnya, ada karakter Bray, yang dicirikan sebagai Bonstri yang gaul dan suka bernyanyi. Baginya, hidup adalah lagu. Milenial yang memperoleh karakter Bray, berhak mendapatkan 20 poin. Karakter ketiga adalah Odut, yakni Bonstri yang hobi makan dan selalu happy, karena dia suka tertawa. Pelanggan Tri yang berhasil menangkap Odut berhak memperoleh 40 poin. Terakhir adalah karekter Unyit, yang digambarkan sangat ceriwis, centil, dan suka berdandan. Milenial yang mendapatkan Unyit berhak memperoleh 30 poin. “Poin yang berhasil dikumpulkan dengan menangkap empat karakter tersebut dapat dibagikan kepada sesama pengguna Tri di seluruh Indonesia. Selain itu, poin itu juga dapat ditukarkan dengan beragam produk gaya hidup yang memang diperlukan oleh generasi milenial. Antara lain, menukarkannya dengan tiket konser musik bertajuk 'Sound of Tri' yang akan digelar April nanti. Ke depannya, poin tersebut juga dapat ditukar dengan beragam produk kuliner, fesyen, dan sebagainya,” tutur Dolly. Selain itu, keempat karakter tersebut, ujar Dolly, juga dapat hidup pada aplikasi Blackberry Chat serta Line Chat. “Ke depannya, karakter Bonstri ini akan terintegrasi dengan ekosistem digital Tri yang lebih besar dan menantang. Termasuk, dibawa ke Tri global atau ke negara-negara lain,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)