Categories: News Trend

Strategi Vivo Menggarap Segmen Millennial

Sukses menjadi merek lima besar di pasar smartphone global, Vivo masih mematok ambisi lain. Salah satunya adalah menjadi merek tiga besar di pasar smartphone Indonesia. Langkah yang tidak mudah tentunya, mengingat sejumlah merek besar lainnya tampak sangat agresif menggarap pasar Tanah Air. Sebut saja, Samsung, Oppo, Asus, Lenovo, dan Evercoss.

Lantas, strategi apa yang dilancarkan Vivo untuk mewujudkan ambisinya itu? Dijawab Meutia Setijono, Sr. PR & Talent Manager PT Vivo Mobile Indonesia, sejak awal Vivo fokus menggarap segmen millennial pecinta selfie. Ya, jumlah millennial yang mencapai lebih dari separuh penduduk Indonesia memang merupakan pasar yang sangat menjanjikan. “Kami pun fokus pada segmen millennial yang selfie lovers, yang jumlahnya diperkirakan 35% dari total segmen millennial di Indonesia,” tegasnya.

Sesuai dengan kebiasaan dan preferensi millennial yang doyan selfie, maka Vivo pun menawarkan produk yang mampu menjawab kebutuhan mereka. Antara lain lewat produk anyarnya yang baru saja diluncurkan pada awal tahun 2017 ini, yakni Vivo V5Plus, yang dibandrol dengan harga Rp 5,49 juta.

Dijelaskan Meutia, “Vivo V5Plus mengedepankan fitur kamera dan musik. Yakni, melalui pengalaman mobile photography yang luar biasa dengan 20MP + 8MP dual front camera. Sementara untuk musik, kami membenamkan HIFI, sebuah teknologi musik canggih yang mampu memberikan pengalaman mobile audio berkualitas tinggi.”

Selain mengandalkan produk, strategi marketing komunikasi pun dilancarkan Vivo guna mencuri perhatian millennial. Di antaranya, dengan menggandeng para influencer serta Key Opinion Leader (KOL) yang aktif di social media. Contohnya, para selebgram, Youtubers, hingga Vlogger. “Tak kurang dari 70 influencer atau KOL, kami gandeng untuk mengkomunikasikan sekaligus memviralkan pengalaman mereka selama menggunakan Vivo V5Plus,” lanjutnya.

Sebagai produk baru, Vivo sadar bahwa diperlukan upaya untuk membangun brand awareness Vivo V5Plus. Oleh karena itu, tak hanya media digital sebagai kanal komunikasi yang dipilih, namun juga pendekatan Public Relations (PR) lewat media hingga TV commercial dilakukan Vivo. Tak tanggung-tanggung, untuk TVC-nya, Vivo menggandeng artis millennial ternama, yakni Afgan dan Pevita Pearce sebagai brand ambassador Vivo V5Plus.

Strategi lainnya, Vivo pun Merangsek pasar lewat program “Super Selling Day”, yang digelar hari ini (18/2) di ITC Roxy Mas Mall. Berbagai gift menarik ditawarkan Vivo pada program tersebut. Antusiasme yang tinggi dari para pengunjunh mall, membuat Vivo optimistis menyiapkan 1.000 unit Vivo V5Plus pada hari itu.

Dwi Wulandari

Recent Posts

Binus Graduate Program Luncurkan Program Magister Desain

MIX.co.id - BINUS Graduate Program resmi merilis Program Magister Desain demi menjawab dinamika pasar yang…

21 hours ago

Targetkan Pangsa Pasar 27%, Ini Strategi yang Dipersiapkan Allianz Syariah di 2024

MIX.co.id - Penetrasi pasar asuransi syariah di Indonesia masih tercatat rendah, yakni masih di bawah…

21 hours ago

Majukan Fintech P2P Lending, Rupiah Cepat Libatkan Peran Perempuan

MIX.co.id – Perempuan memiliki peran penting dalam industri fintech peer to peer (P2P) lending. Hal…

1 day ago

Q1 2024, Pendapatan Indosat Tumbuh 15,8%

MIX.co.id - Indosat Ooredoo Hutchison mencatatkan total pendapatan sebesar Rp 13.835 miliar, pada kuartal pertama…

2 days ago

“Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program 2024” Jangkau Pelajar hingga Papua

MIX.co.id - Tahun ini, Starbucks kembali menggelar "Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program" (SCYEP). Melalui program…

2 days ago

J&T Express akan Kembali Menggelar “J&T Connect Run 2024”

MIX.co.id - Tahun 2024 J&T Express, perusahaan ekspedisi berskala global, kembali menggelar J&T Connect Run.…

2 days ago