Strategi Water Kingdom Mekarsari Genjot Minat Pengunjung

Memanfaatkan momentum Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-70, Water Kingdom Mekarsari, yang diluncurkan Desember 2012, menggelar program "Semarak Merah Putih". Dalam rangkaian program tersebut, sejumlah kegiatan siap digelar sepanjang 15-17 Agustus 2015. Di antaranya, Media Gathering, Pesta Rakyat, hingga Water Kingdom Dance Competition.

Pada kegiatan media gathering, dikatakan Sales Marketing & Director Water Kingdom Mekarsari S. Widi Karyaningsih, digelar kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) bertajuk "Bersih Itu Sehat, Hijau Itu Indah". "Pada kesempatan silaturahmi dengan media, kami mengajak media untuk menanam pohon bersama di halaman Water Kingdom Mekarsari," ujarnya.

IMG_20150815_54388

Sementara itu, untuk kegiatan pesta rakyat yang digelar selama dua hari, 16-17 Agustus, Water Kingdom Mekarsari menghadirkan permainan spontanitas bagi para pengunjung. Antara lain, lewat games Gebuk Guling di kolam renang, Lomba Kelereng di kolam renang, dan Makan Kerupuk di kolam renang.

Untuk kegiatan Water Kingdom Dance Competition, Water Kingdom Mekarsari mengundang anak-anak SD, SMP, dan SMA se-Jabodetabek untuk berpartisipasi dalam kompetisi modern dance dan traditional dance. "Kami juga mengadakan program khusus free entrance ticket bagi siapa saja yang berulang tahun di bulan Agustus 2015," lanjutnya.

Sebagai wahana rekreasi air terbesar se-Asia, Water Kingdom Mekarsari menghadirkan aneka wahana air. Sebut saja, Boomerang Slide, Racer Slide, Raft Slide, Octopus Splash Pool, Fruity Splash Pool, Toddler Pool, Olympic Pool, Whirl Pool, Leisure Pool, Lazy River, Dragon Boat, food court, klinik, dan sebagainya. "Di Water Kingdom Mekarsari, berbagai kegiatan family gathering, corporate gathering, school gathering, dan kegiatan lainnya dapat dilakukan," tandas Widi, yang menyebutkan bahwa Water Kingdom Mekarsari pernah digunakan Panasonic untuk menggelar corporate gathering yang mendatangkan lebih dari 15.000 orang.

IMG_20150815_8230

Dadang Hamdani, Marketing Communication Asisten Manager Water Kingdom Mekarsari, menambahkan bahwa obyektif dari digelarnya juga program CSR adalah untuk mengedukasi sekaligus mengajak publik untuk menjaga lingkungan sekitar.

Lantas, bagaimana efek melambannya ekonomi terhadap kinerja Water Kingdom Mekarsari? "Lesunya ekonomi memang tidak terlalu berpengaruh pada wahana hiburan. Namun, memang pertumbuhan tahun ini lebih lambat dibandingkan tahun lalu. Tahun 2014, pertumbuhan kami mencapai 30-40%. Tahun ini, melihat ekonomi yang kurang bersahabat, kami cukup realistis untuk menargetkan 25 % pertumbuhan," jawab Widi, yang menyebutkan bahwa pada saat weekdays, jumlah pengunjung mencapai 200-300 orang, sedangkan weekend mencapai 1.000-2.000 orang. Bahkan, Lebaran kemarin, jumlah pengunjung mencapai 8.500 per hari.

Diakui Widi, demi mencapai target tersebut dan mendorong masyarakat tetap mau berkunjung ke Water Kingdom Mekarsari, sejumlah strategi dilancarkan. Antara lain, dengan mengemas harga yang dapat terjangkau. Misalnya, dengan memberikan harga promo sebesar diskon 30% untuk segmen korporasi, gimmick free ice cream, dan sebagainya. Selain itu, Water Kingdom juga rutin menggelar event setiap bulannya untuk menarik animo pengunjung. Termasuk, melakukan co-promo dan co-branding dengan brand lain. Contohnya, brand telekomunikasi seperti Telkomsel.

IMG_20150815_56341

"Sampai saat ini, memang lebih banyak pengunjung dari segmen korporasi sebesar 60%, baik dari rombongan perusahaan maupun sekolah. Sisanya, 40% dari pengunjung individu. Untuk segmen korporasi atau rombongan, kami melayani secara custom sesuai budget dan kebutuhan mereka," terang Widi, yang mengatakan bahwa pengunjung Water Kingdom banyak juga datang dari luar kota, seperti Bandung, Cirebon, Sukabumi, Kalimantan, Palembang, dan sebagainya.

Digital dan social media juga menjadi salah satu media komunikasi yang dimanfaatkan Water Kingdom. Antara lain, melalui website yang senantiasa di-up date, akun facebook, hingga twitter. "Kami juga kerapkali melakukan aktivasi di social media. Tahun lalu umpamanya, kami menggelar kontes foto di social media," urai Dadang, yang menyebutkan tiket masuk Water Kingdom mencapai Rp 70 ribu saat weekdays dan Rp 95 ribu saat weekend.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)