Studi MoM Academy 2022: Sejak pandemi, Moms Berani Berbisnis

MIX.co.id - Mengusung tema #CelebratingMoM5, MomFest 2022 kembali digelar pada pertengahan Mei ini (18/5), di Samisara Ballroom, Jakarta. MomFest merupakan program tahunan yang digelar komunitas MoM Academy, yang merupakan bagian dari Mothers on Mission (MoM) dan platform bisnis kreatif FAB Indonesia.

MomFest #CelebratingMoM5 dihadiri oleh lebih dari 300 peserta secara offline dan online serta dimeriahkan oleh public figure dan para ahli di bidangnya, seperti Dessy Ilsanty (psikolog), Adrian Maulana (public figure), Rista Zwastika (financial Planner), dan sebagainya.

MomFest menyajikan booth para sponsor yang menawarkan beragam diskon dan layanan yang dikerubungi oleh para moms, playground khusus bagi anak-anak, booth merchandise MoMA yang dibanjiri pemesan, sampai performa band Randy and the Soulmates yang membawakan lagu-lagu pilihan khusus perempuan terutama para mom.

Tak hanya mom yang hadir secara offline, para mom yang hadir lewat zoom juga diajak tour virtual untuk melihat ruangan acara, para tamu offline, booth, playground, dan sebagainya.

Diungkapkan CEO Mothers on Mission dan MoM Academy Widya Safitri bahwa bukan kebetulan #CelebratingMoM5 menjadi tema MomFest kali ini. #CelebratingMoM5 adalah perayaan ulang tahun Mothers on Mission yang ke-5 sekaligus perayaan bagi para moms di seluruh Indonesia yang telah berhasil melewati kerasnya masa pandemi.

Dia juga memaparkan hasil survei yang digelar MoM Academy pada Mei 2022 terhadap 681 moms di Indonesia. Hasilnya, presentase Mom yang harus bekerja atau berbisnis untuk mendukung keuangan keluarga terbilang cukup tinggi hingga mencapai 30%, karena berbagai alasan, salah satunya adalah suami yang kehilangan pekerjaan atau mata pencariannya.

Tahun ini, hasil survei menunjukkan bahwa hanya 8,7% istri yang masih berperan menjadi kepala rumah tangga, dan 89,7% persen pencari nafkah utama adalah suami. Kendati demikian, Mom masih tetap melanjutkan usaha yang sudah dirintis sebelumnya karena beragam alasan, mulai dari hobi dan eksistensi diri sampai mendukung keuangan keluarga.

Tahun ini adalah tahun yang penuh optimisme, terutama bagi para moms di seluruh Indonesia. Hasil survei MoM Academy mempertegas hal tersebut, di mana lebih dari 50% responden mengakui bahwa situasi ekonomi mereka perlahan mulai membaik. Bahkan, sejak pandemi mereka berhasil membangun kebiasaan positif baru, yaitu berani berbisnis dan mempelajari keterampilan yang terkait dengan dunia bisnis dan digital.

Masih berdasarkan hasil riset tersebut, di tahun ini pula Moms sudah mulai memiliki dana cadangan dan berani berinvestasi. Dalam hal pembelanjaan anggaran keluarga, Moms sudah mulai menyelipkan perawatan tubuh dan kecantikan diri.

Dengan adanya selebrasi MomFest #CelebratingMoM5 ini diharapkan para perempuan Indonesia, terutama moms, menjadi makin percaya diri dan bersemangat dalam mengembangkan diri serta keluarganya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)