MIX.co.id - Studi Global Travel Intentions Visa yang dilakukan pada periode Maret-Juli 2022 mengungkapkan, terjadi peningkatan sebanyak 420% masyarakat yang ingin menjadi smart traveler. Mereka ingin merencanakan perjalanan untuk pengalaman liburan yang lebih baik lagi dan tentunya anti-ribet.
Selain itu, masyarakat juga semakin mencari fleksibilitas perjalanan yang memungkinkan mereka untuk mencari refundable ticket (48%) dan lebih memilih mencari metode pembayaran dengan kartu kredit, termasuk contactless (81%).
Pada acara talk show interaktif bertajuk 'Tren Traveling Lintas Negara untuk Healing Anti-Ribet: a Contactless Journey' yang digelar hari ini (14/12), Head of Strategy and Business Planning Visa Indonesia Handikin Setiawan menjelaskan, “Pembayaran dengan kartu contactless tidak hanya menawarkan pengalaman membayar yang aman, mudah, nyaman, dan inovatif, tetapi sebagai metode pembayaran yang sudah menjadi pilihan utama di berbagai belahan dunia. Pembayaran contactless memudahkan masyarakat yang bepergian lintas negara untuk bertransaksi dengan cukup sekali tap di jutaan pilihan merchants”.
Selain studi Visa, database Traveloka juga menunjukan tren baru di tengah masyarakat ketika mereka hendak traveling seperti untuk staycation, workcation, bleisure (perjalanan bisnis dan berlibur), dan sport tourism.
Diungkapkan Head of Corporate Partnership Traveloka Stevens Hendrajaya, data internal Traveloka pada kuartal III/2022 menunjukkan, terdapat peningkatan pemesanan hingga 5x lipat untuk perjalanan destinasi internasional, dan lebih dari 30% peningkatan pemesanan pada perjalanan destinasi domestik, jika dibandingkan dengan awal tahun 2022. "Secara keseluruhan, pemesanan tiket pesawat juga meningkat hingga 4x dibandingkan pada periode yang sama tahun sebelumnya," ucapnya.
Sebagai travel platform terdepan se-Asia Tenggara, lanjutnya, Traveloka terus berkomitmen untuk beradaptasi dengan perubahan perilaku konsumen yang dinamis.
"Dengan pendekatan yang customer-centric, kami berupaya untuk selalu fokus dan memahami beragam kebutuhan konsumen, sehingga produk dan layanan yang kami kembangkan dapat menjadi solusi yang relevan bagi konsumen. Kemitraan dengan VISA semakin melengkapi komitmen kami dalam menghadirkan pengalaman perencanaan perjalanan konsumen yang mudah dan seamless,” pungkas Stevens.