Sukses Implementasikan Strategi Digital Marketing, Link Net Raih Dua Penghargaan 

MIX.co.id - Penghujung tahun ini, Link Net berhasil meraih predikat Best Digital Marketing Team di ajang penghargaan "Indonesia Digital Marketing Champion 2022" dari SWA Media Group dan Business Digest serta penghargaan Best Digital Brand Award 2022 kategori Internet Provider dari Zeals dan Media Group Network.

Diungkapkan Santiwati Basuki, Deputy Chief Marketing Officer PT Link Net Tbk., “Sejalan dengan delapan values yang ada di tubuh Link Net yang seluruhnya berpusat pada Customer Centricity, strategi Digital Omnichannel mulai kami implementasikan sejak November 2021. Hingga kini, penerapannya secara kontinyu terus dioptimalkan."

Lebih jauh ia menegaskan bahwa strategi tersebut menjadi bagian dari upaya menjaga komitmen Link Net dalam memberikan layanan berkualitas dan pengalaman terbaik bagi pelanggan ataupun calon pelanggan.

"Tidak hanya itu saja, digital omnichannel juga berperan penting terhadap peningkatan pendapatan dari peluang up-sell dan cross-sell, serta memberikan kesempatan bagi kami untuk membangun komunikasi interaktif dan meningkatkan engagement dengan seluruh pelanggan," lanjutnya.

Ditambahkan Head of Marketing Communication PT Link Net Tbk Niki Sanjaya, dalam menerapkan Digital Omnichannel, Link Net telah menghadirkan beberapa pilihan channel komunikasi, seperti website Live Chat, WhatsApp, dan Facebook Messenger yang terintegrasi dalam satu sistem, untuk memfasilitasi komunikasi interaksional yang dibutuhkan oleh pelanggan ataupun calon pelanggan secara realtime.

“Hasilnya, kami melihat beberapa peningkatan, mulai dari interaksi pelanggan hingga konversi penjualan. Jika dibandingkan periode Januari hingga Oktober tahun 2021, Sold Rate Conversion meningkat 41%, Follow Up Rate naik dari 90% menjadi 100%, dan Contact Rate menjadi 97% dari 70%," Niki menerangkan.

Keberhasilan perusahaan dalam meningkatkan kinerja bisnis melalui pengelolaan dan pemanfaatan teknologi digital secara tepat, cerdas, dan efisien di bidang marketing dan penjualan itulah, yang pada akhirnya membuat Link Net meraih predikat Best Digital Marketing Team di ajang Indonesia Digital Marketing Champion 2022.

Sedikit berbeda dengan penilaian Indonesia Digital Marketing Champion 2022, para dewan juri yang terdiri dari akademisi hingga praktisi profesional di ajang Best Digital Brand Award 2022 menilai Link Net mampu mengembangkan strategi digital marketing melalui kampanye digital, termasuk hasil pengukuran dampaknya terhadap kinerja brand.

Salah satu kampanye yang berkontribusi terhadap performa bisnis dan operasional kerja First Media adalah New Account Digital Interactive Assistant (NADIA). NADIA merupakan fitur digital yang menjadi one-stop channel untuk memudahkan calon pelanggan dalam mengakses berbagai informasi seputar layanan, mulai dari produk dan paket berlangganan, cek area coverage, registrasi mandiri, hingga atur jadwal pemasangan.

Tidak hanya itu, variabel penilaian juga didasari oleh indeks pengukuran brand monitoring yang menggunakan Social Media Listening milik Zeals Asia. First Media masuk dalam tiga besar ‘Brand’ untuk kategori Internet Provider yang memiliki sentimen pembicaraan tertinggi. Dari seluruh variabel penilaian tersebut, First Media berhasil dianugerahi penghargaan Best Digital Brand Award 2022 dari Zeals dan Media Group Network.

“Dalam prosesnya, strategi Digital Omnichannel mempermudah tim Marketing dalam mempercepat pengambilan keputusan. Dengan otomasi pengumpulan dan pengolahan data, tim dapat lebih efektif dan efisien menentukan sebuah kampanye, aktivitas ataupun usaha pemasaran lainnya berdasarkan hasil analitik data," pungkas Niki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)