Survei 4 Perilaku Blind Spot Pemimpin

Survei Dale Carnegie bertajuk ‘Global Leadership Study’ (2017) membuktikan ada empat perilaku blind spot (titip buta) seorang pemimpin, yaitu 1) Menunjukan Apresiasi – hanya 36% yang melakukan secara konsisten, 2) Mengakui ketika salah – hanya 37% yang melakukannya, 3) Sungguh-sungguh mendengarkan – hanya 36% pemimpin yang konsisten mendengar, dan 4) Kejujuran pada diri sendiri maupun orang lain – hanya 32% karyawan yang merasa pemimpinnya selalu jujur.

"Kebanyakan pemimpin percaya bahwa mereka sudah cukup kompeten dalam memimpin perusahaan atau organisasinya, padahal terdapat beberapa perilaku yang tanpa disadari berdampak negatif bagi orang yang mereka pimpin inilah yang disebut ‘titik buta’. Dale Carnegie sebagai thought leader menginisiasi ‘Global Leadership Study’ untuk membantu pemimpin perusahaan maupun organisasi dalam mengidentifikasi ‘titik buta’ dan memberikan solusi efektif untuk mengatasinya,” tutur Joshua Siregar, Director National Marketing Dale Carnegie Indonesia, lembaga pelatihan untuk pengembangan kompetensi bisnis berorientasi manusia.

Kejujuran pada diri sendiri maupun orang lain menjadi perilaku ‘titik buta’ yang memperoleh persentase paling kecil dibandingkan tiga perilaku lainnya. Survei tersebut bahkan menunjukkan 11% karyawan di Indonesia merasa atasan mereka jarang atau tidak pernah bersikap jujur dan dapat dipercaya oleh orang lain.

“Minimnya angka pemimpin yang konsisten terhadap perilaku jujur akan mempengaruhi kinerja karyawan. Para pemimpin sebaiknya mengetahui dan mengatasi titik-titik buta mereka, dengan begitu karyawan akan merasa termotivasi dan terinspirasi dengan pekerjaan mereka sehingga berkeinginan untuk melakukan upaya terbaik guna mencapai tujuan perusahaan atau organisasinya,” ungkap Joshua.

Studi ini melibatkan sekitar 4.400 pekerja tetap di 17 negara dan empat benuatermasuk Indonesia, mulai dari tingkat karyawan hingga direktur atau pemilik perusahaan, dengan metode online web-based survey. Di Indonesia, studi menyertakan sekitar 205 pekerja dari perusahaan kecil hingga besar, dengan usia di atas 21 tahun.

Studi tersebut juga memaparkan bahwa penting bagi seorang pemimpin untuk memiliki keandalan eksternal dan internal yang dapat meningkatkan tingkat kepercayaan karyawannya. Keandalan eksternal mengacu kepada perilaku pemimpin yang jujur dan dapat dipercaya saat berhadapan dengan orang lain.

Semakin pentingnya pemimpin yang jujur dan dapat dipercaya, terlihat dari meningkatnya motivasi hingga 41 kali jika karyawan merasa pemimpinnya melakukan hal tersebut secara konsisten. Sebaliknya, bila pemimpin di Indonesia jarang atau tidak pernah jujur dengan orang lain, 64% bawahannya akan mengundurkan diri dalam waktu 1 tahun.

Berbeda dengan keandalan eksternal, keandalan internal mengacu pada pemimpin yang konsisten dalam berbicara dan bertindak sesuai prinsip dan keyakinan mereka. Hanya 35% karyawan di Indonesia menilai pemimpin mereka selalu konsisten dalam berbicara dan bertindak sesuai prinsip dan keyakinan mereka; sementara 55% merasa pemimpin terkadang saja konsisten dalam berbicara dan bertindak sesuai prinsip dan keyakinan mereka; dan sisanya 10% meyakini pemimpin jarang atau tidak pernah konsisten dalam berbicara dan bertindak sesuai prinsip dan keyakinan mereka.

Dalam studi yang sama, Dale Carnegie menyimpulkan bahwa adanya beberapa perilaku pemimpin yang mampu memotivasi dan menginspirasi karyawan: 1) Memberi apresiasi dan pujian yang tulus, 2) Jujur dan berintegritas, 3) Berani mengakui kesalahan, serta 4) Benar-benar mendengarkan dan menghargai pendapat.

“Dengan menyadari adanya ‘titik-titik buta’ pemimpin dapat melihat dengan lebih baik kesenjangan antara perilaku aktual dan perilaku yang diharapkan oleh karyawan. Pemimpin yang bekerja secara aktif untuk mengdentifikasi ‘titik-titik buta’ dan belajar mengatasinya, memiliki potensi besar untuk mempengaruhi kepuasan kerja dari bawahan mereka serta dapat berinteraksi dengan lebih baik,” tutup Joshua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)