MIX.co.id – Survei Perjalanan Berkelanjutan Agoda 2025 mengungkapkan bahwa hampir tiga dari setiap empat wisatawan Indonesia (75%) mempertimbangkan keberlanjutan dalam merencanakan perjalanan mereka di 2025, lebih tinggi dibandingkan rata-rata wisatawan Asia secara keseluruhan (68%).
Survei ini melibatkan lebih dari 6.000 responden di 11 pasar Asia, menyoroti lanskap perjalanan berkelanjutan yang berkembang di Asia, di mana pariwisata yang autentik dan bermakna, serta perjalanan di luar musim puncak semakin menjadi lebih menonjol.
Wisatawan Indonesia semakin termotivasi oleh daya tarik pengalaman autentik dan kesempatan untuk berkontribusi positif kepada komunitas lokal. Hampir satu dari empat responden (23%) memprioritaskan pariwisata autentik, sementara 27% ingin mendukung ekonomi lokal saat bepergian.
Wisatawan Indonesia juga dipandu oleh nilai dan keyakinan pribadi, dengan 24% menyebutnya sebagai motivasi utama untuk melakukan perjalanan yang lebih berkelanjutan.
Tren ini menegaskan pergeseran menuju perjalanan yang tidak hanya menyenangkan tetapi juga bermakna dan berdampak.
Survei juga menemukan bahwa banyak wisatawan Indonesia berupaya mengurangi dampak lingkungan dengan bepergian di luar musim ramai untuk mengurangi kepadatan, pilihan yang diambil oleh lebih dari seperempat responden (23%). Selain itu, 17% wisatawan Indonesia membawa barang ramah lingkungan seperti botol minum dan tas belanja guna mengurangi limbah.
Gede Gunawan, Country Director Agoda untuk Indonesia, menyampaikan bahwa siap mendukung perjalanan mereka. Melalui program Eco Deals, wisatawan dapat menikmati diskon spesial di akomodasi para partner, sementara Agoda menyumbangkan satu dolar AS untuk upaya konservasi lokal untuk setiap pemesanan melalui program ini.
“Kami senang dapat membantu wisatawan Indonesia menjelajahi dunia dengan biaya lebih terjangkau, sekaligus berkontribusi dalam pelestarian destinasi yang mereka kunjungi," ujarnya dalam keterangan pers, Kamis (6/3), di Jakarta.
Sejak peluncuran edisi 2025, program Eco Deals Agoda telah memberikan diskon hingga 15% untuk hotel partner di 10 market Asia.
Tahun ini menandai pertama kalinya Jepang dan Korea Selatan bergabung dalam Kampanye Eco Deals, memberikan lebih banyak kesempatan pada wisatawan yang bepergian ke Asia untuk mendukung destinasi favorit mereka.
Untuk setiap pemesanan Eco Deals, satu dolar disumbangkan untuk kegiatan konservasi WWF yang bertujuan melindungi satwa liar dan menjaga habitat penting di Asia. ()