MIX.co.id - Sebagai bentuk tanggung jawab dan komitmen PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) terhadap pelanggan, Suzuki menggelar program berkelanjutan “Product Quality Update”. Program ini untuk memperbaiki kendaraan yang diduga memiliki potensi masalah demi memastikan keselamatan pelanggan. Kali ini, Suzuki akan melakukan perbaikan kualitas produk terhadap model Jimny yang dijual di Indonesia.
Suzuki akan menggelar recall campaign terhadap 21 unit Jimny bertransmisi otomatis (Automatic Transmission/AT) yang berpotensi mengalami masalah perembesan oli dan dapat menyebabkan mobil tidak bisa dijalankan hingga mengancam keselamatan, sehingga harus dilakukan perbaikan. Ke-21 unit Jimny tersebut diproduksi dari rentang waktu bulan Mei hingga Juni 2021.
Dijelaskan Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales, pada konferensi pers yang digelar hari ini (17/9) secara virtual, terjadinya rembesan oli diduga karena adanya kesalahan saat perakitan yang menyebabkan oil seal terlipat. “Setelah dilakukan pengecekan secara menyeluruh, kami menemukan potensi perembesan oli yang disebabkan posisi oil seal terlipat saat perakitan. Untuk itu, kami harus melakukan penarikan kembali beberapa unit Jimny untuk dilakukan perbaikan segera demi keselamatan konsumen,” urainya.
Selama proses pengecekan, teknisi Suzuki akan membongkar transmisi untuk memastikan apakah terdapat perubahan bentuk atau perembesan. Jika ada, maka akan dilakukan penggantian Automatic Transmission Set. Namun, jika tidak ditemukan perubahan bentuk atau perembesan, teknisi hanya akan mengganti komponen washer set saat pemasangan kembali transmisi karena komponen tersebut merupakan non-reusable part.
Selain recall campaign, Suzuki juga menggelar service campaign untuk salah satu produknya, Jimny. Kampanye ini menyasar unit Jimny yang memerlukan perbaikan pada bagian door harness. Total terdapat 1.540 unit Jimny yang termasuk ke dalam kegiatan tersebut, yang terdiri dari 150 unit bertransmisi manual dan 1.390 bertansmisi otomatis. Seluruh unit Jimny tersebut diproduksi pada periode bulan Mei 2018 hingga Desember 2020.
Tekanan dari tekukan saat pembukaan atau penutupan pintu pada bagian tengah kabel di dalam grommet berpotensi menggangu fungsi beberap fitur, seperti power window dan central door lock. Dengan demikian, agar kenyamanan dan keamanan konsumen tetap terjaga, maka perlu dilakukan service campaign.
“Dalam pelaksanaan program Product Quality Update ini, Suzuki akan langsung menghubungi semua pemilik Jimny yang terkena recall campaign maupun service campaign untuk datang ke bengkel resmi agar dapat segera dilakukan pemeriksaan. Selain itu, kami juga memastikan konsumen tidak akan dikenakan biaya apapun,” lanjutnya.
Lebih jauh ia menegaskan bahwa melalui program ini, diharapkan Jimny milik pelanggan tetap aman dan nyaman saat digunakan. “Suzuki juga akan terus berupaya menjaga kualitas produk sehingga mampu meningkatkan kepuasan dan kepercayaan pelanggan,” pungkasnya.