MIX.co.id - Kompetisi tari “Powerful Daegu Festival” baru saja digelar pada 8-11 Juli 2022 lalu di Daegu, Korea Selatan. Festival yang sebelumnya bertajuk “Colorful Daegu Festival” itu merupakan kompetisi pertunjukan seni dari Korea dan berbagai negara yang dikemas dalam street performance dan parade yang dibagi dalam dua kategori, yakni Lokal (Korea) dan Internasional. Tahun ini, Indonesia, melalui Sanggar Tari dan Musik Tradisional Svadara Indonesia, berhasil meraih juara ketiga.

Grup Svadara mengirimkan 14 penari dan 4 official ke Powerful Daegu Festival 2022. Pada kesempatan itu, Grup Svadara menampilkan keindahan Indonesia melalui tarian dari berbagai daerah, yaitu Bali, Sumatera Barat, DKI Jakarta, dan Papua. Tarian tersebut ditampilkan secara berurutan untuk menceritakan sebuah proses meraih kebahagiaan dan menggambarkan bagaimana masyarakat Indonesia mengungkapkan rasa syukur. Tarian sebagai ekspresi kebahagiaan dan rasa syukur menyambut kondisi yang mulai normal kembali, setelah dua tahun lebih pandemi.

“Kami sangat bangga dan bersyukur dapat tampil di kompetisi tari internasional dan meraih penghargaan sebagai juara ketiga serta bersaing dengan negara-negara lain. Penghargaan ini semakin memacu kami untuk terus berkarya melestarikan dan memperkenalkan seni tari Indonesia ke dunia,” ungkap Pemimpin Grup Svadara Indonesia untuk kompetisi ini, Alfrida Chrisna Sitorus.

Keberangkatan tim Svadara Indonesia ke Powerful Daegu Festival didukung oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta dan Suku Dinas Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Selatan serta para sponsor, seperti Pegadaian Syariah Pusat, Daihatsu Indonesia, dan Galeri 24. “Untuk itu kami sangat berterima kasih kepada semua pihak yang mendukung misi budaya ini. Kami sangat antusias untuk terus berkarya dan tampil secara offline lagi,” ucapnya.

Sebelumnya, di 2015, Svadara Indonesia juga pernah mewakili Indonesia dalam Sabah International Folklore Festival dan memenangkan penghargaan kategori Highest Online Presence. Selain aktif mengikuti kompetisi Internasional, Svadara Indonesia beberapa kali tampil sebagai undangan dalam acara kebudayaan, antara lain di Festival Antar Bangsa di Pahang, Malaysia (2017), Malam Kebudayaan di Penang, Malaysia (2018), dan Malam Kebudayaan di Khartoum, Sudan (2017 dan 2019).

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)