Jika belanja iklan nasional tahun 2015 hanya tumbuh 7%, maka industri hotel, bar, dan resto tercatat tumbuh cukup signifikan. Merujuk data Nielsen Advertising Information Service, belanja iklan hotel, bar, dan restoran di media koran sepanjang tahun 2015 tumbuh 16% jika dibandingkan tahun 2014. Jika belanja iklan di sektor hospitality itu pada tahun2014 mencapai Rp 1,5 triliun, maka tahun 2015 nilainya tembus Rp 1,7 triliun.
Sejatinya, pertumbuhan belanja iklan di tahun 2015 pada industri hotel, bar, dan restoran merupakan yang tertinggi selama lima tahun terakhir. Jika tahun 2015 belanja iklan di kategori tersebut tumbuh 17%, maka di tahun 2014 kenaikannya hanya 11%. Tahun 2013, kenaikannya mencapai 13% dan tahun 2012 kenaikannya mencapai 15%.
Dari Rp 1,7 triliun itu, belanja iklan di sektor perhotelan masih yang tertinggi kontribusinya, yakni mencapai 56%. Selanjutnya, disusul oleh restoran yang menyumbang 23% dan cafe 6%. Meski demikian, justru cafe-lah yang tingkat pertumbuhan belanja iklannya paling tinggi di 2015, yakni mencapai 41%. Sementara belanja iklan restoran tumbuh 36% dan hotel justru pertumbuhannya mentok di angka 10%.